10 Ide Bisnis Rumahan Untuk Wanita dan Ibu Rumah Tangga

Sekarang sudah jamannya emansipasi wanita, tak hanya pria saja yang dituntut untuk bekerja dan mencari uang, kaum wanita pun tidak ada salahnya melakukan pekerjaan sampingan guna membantu perekonomian keluarga. Di sela-sela kesibukan kaum ibu mengurus anak dan rumah tangga, mereka bisa sambil melakukan bisnis sampingan yang menguntungkan. Kita bisa menghasilkan uang, meraup pundi-pundi rupiah dari bisnis tersebut.

Sesuai dengan judul di atas, kali ini saya akan berbagi tentang macam-macam ide bisnis yang bisa kita lakukan di rumah, terutama untuk kaum wanita. Kebetulan di daerah saya banyak perempuan dan ibu-ibu rumah tangga menekuni beberapa jenis bisnis rumahan dan kini sudah terbilang “menghasilkan”.

Apa saja sih jenis-jenis bisnis rumahan untuk wanita atau ibu rumah tangga yang ada di daerah saya? Oke, saya akan merangkumnya ke dalam 10 Ide Bisnis Rumahan Untuk Wanita. Yuk kita simak satu persatu.


1. Membuka warung

Kita bisa membuka usaha warung ini di rumah. Dengan modal kecil pun usaha ini bisa kita jalankan. Mulailah dengan membuka warung kecil-kecilan dengan menjual beberapa produk sembako yang biasa dibutuhkan orang sehari-hari, misalnya beras, minyak goreng, garam, gula, mie instan, telur, sabun dll.

Pas awal-awal memulai usaha ini kita mesti rajin menabung untuk modal pengembangan usaha selanjutnya. Setelah cukup modal, barulah kita bertahap menambahkan produk yang dijual serta membangun tempat khusus untuk sebuah warung.

Baca juga: Tips Buka Usaha Warung di Kampung Agar Laris, Tak Kalah dengan Pesaing


2. Menjual makanan siap saji

Di kampung saya banyak sekali yang menekuni bisnis ini. Banyak dari kaum ibu yang menjual aneka jenis makanan dan biasanya mereka berjualan di teras rumahnya lho. Contoh makanan yang biasa dijual antara lain: kupat tahu, bubur ayam, seblak, karedok, pecel, cilok, cilok goank, cireng, cilung, aneka kue, sosis bakar, dll. Dengan harga bervariasi dan murah disesuaikan dengan harga di kampung, jenis usaha ini sangat laris dan menguntungkan, apalagi jika kita punya resep yang unik dan enak.

Untuk pemasaran yang lebih luas, sekarang sudah gampang. Asal ada produknya, kita bisa bergabung di Gojek ataupun Grab untuk bermitra dengan mereka melalui jasa GoFood atau GrabFood.

rice bowl viral
Rice Bowl, Makanan Viral Siap Santap

3. Menjual minuman dingin

Target pembeli untuk bisnis ini adalah anak-anak. Jadi jika di daerah kita banyak anak kecil, ini akan laku keras. Kalau di kampung saya biasanya anak kecil itu bermain berkelompok bersama kawan-kawannya. Nah, pas cuaca terik tengah hari, biasanya mereka mampir ke warung untuk membeli minuman dingin pelepas dahaga.

Di kampung saya ada seorang ibu yang menekuni bisnis ini dan sukses. Setiap harinya banyak dikerumuni anak kecil yang datang untuk membeli minuman dingin. Produk yang ia jual antara lain: es jeruk, teh manis, Nutri Sari dingin, Pop Ice, Marimas, es kelapa muda, dll.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Warung Kopi, Modal Kecil Untung Berlipat


5. Produksi makanan ringan & cemilan

Di daerah saja ada seorang ibu yang sudah lama menekuni bisnis membuat “comet”, yaitu sejenis makanan seperti combro yang digoreng tipis-tipis. Bahan utamanya adalah ubi. Produknya ini sekarang sudah terkenal bahkan sampai ke luar daerah. Pas awal mula berbisnis, ia biasa menaruh produknya di warung-warung yang ada di kampung. Karena rasanya enak, maka cometnya itu selalu laris terjual. Sampai sekarang ibu ini terus menekuni usahanya dengan dibantu oleh 2 orang anaknya.

Adapun produk sejenis yang bisa kita buat antara lain: keripik, opak, rengginang, kicimpring, misda, kue kering, manisan buah, dll. Yang terpenting makanan tersebut bisa bertahan lama jika disimpan, supaya kita tidak terlalu dikejar waktu untuk menjualnya jika ada penumpukan stok.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Binis Makanan dan Minuman di Rumah


6. Membuka jasa laundry

Dengan kesibukan orang jaman sekarang, tentunya ada di antara mereka yang tidak sempat mencuci baju sendiri, terlebih jika ketersediaan air bersih di rumahnya kurang memadai, misalnya pada musim kemarau. Nah, inilah yang akan dijadikan target konsumen kita, yaitu dengan membuka jasa pencucian pakaian atau laundry.

Modal awal untuk membuka bisnis ini adalah ketersediaan air bersih, mesin cuci dan alat setrika. Jika punya ketiga hal tersebut, kita bisa memulai bisnis jasa laundry ini di rumah. Kita bisa pasang 2 jenis tarif berbeda untuk per kilogram jasa cuci baju ini. Pertama, tarif full service, yaitu mencuci plus menyetrika baju. Jadi konsumen bisa langsung memakai bajunya yang sudah dikasih pewangi. Yang kedua adalah paket murah, dimana kita hanya mencuci bajunya saja tanpa disetrika. Dengan modal 2 juta saja, kita bisa mulai membuka usaha ini.


7. Membuka usaha warung nasi

Makan di rumah dengan menu seadanya dan itu-itu saja akan membuat orang bosan dan mencari makanan lain yang siap disantap. Sekarang sudah jaman serba praktis, orang kerap malas untuk memasak sendiri dan memilih untuk membeli makanan siap saji.

Di daerah saya ada sebuah warung nasi sederhana milik seorang ibu bernama Ceu Mimin. Warung nasi ini cukup laris karena rasanya enak dan harganya pun bersahabat. Tak heran, setiap harinya selalu ramai didatangi pembeli termasuk saya. Di samping menjual nasi, Ceu Mimin juga menjual aneka minuman dingin dan kopi, sehingga bisa menjadi tambahan penghasilan. Yang terpenting untuk menjalankan bisnis ini adalah kita bisa memasak yang enak.

Baca juga: Peluang Usaha Warung Nasi di Kampung dan Penyebab Kebangkrutannya


8. Membuka jasa fotokopi

Kata siapa usaha ini hanya bisa dilakukan oleh pria? Di daerah saya ada seorang wanita, sebut saja namanya Mbak Linda yang melakukan bisnis ini di rumahnya.

Jika rumah kita terletak di tempat strategis, atau banyak tempat umum di sekitar rumah seperti kampus, sekolah, kantor dll, membuka jasa fotokopi merupakan pilihan yang tepat. Jika kita punya cukup modal, kita bisa membeli sebuah mesin fotokopi sendiri dan mulai usaha dengan membuat tempat fotokopian di depan rumah misalnya. Target konsumen kita adalah para pelajar, mahasiswa dan pegawai kantor, selain tentunya masyarakat umum.


4. Jasa menjahit & butik

Jaman sekarang sedikit sekali orang yang bisa menjahit. Jika kita memiliki keahlian ini, tentunya akan sangat menguntungkan, yaitu dengan membuka jasa menjahit pakaian. Tak hanya jasa saja, kita juga bisa memproduksi pakaian dengan membuka butik misalnya. Untuk pemasaran kita bisa promosi di media sosial sepeti Facebook, Instagram, WhatsApp dsb.


9. Menjadi YouTuber

Untuk wanita, ini akan menjadi ladang usaha yang menguntungkan, tetapi perlu waktu. Kita bisa membuat konten video tentang masak-memasak, vlog kuliner, tutorial make-up, bernyanyi, cover lagu, dll. Jika jumlah subscriber dan penonton kita sudah banyak, tidak menutup kemungkinan kita bisa sukses mendapatkan penghasilan dari YouTube ini. Modal minimal untuk menjadi YouTuber ini adalah sebuah HP yang berkamera, aplikasi editor video dan koneksi internet.


10. Bisnis online

Dengan kemajuan teknologi jaman sekarang, kapan pun dan dimana pun kita bisa tetap berbisnis menghasilkan uang. Untuk jenis bisnis ini kita cukup bermodal sebuah smartphone dan koneksi internet. Jika kita memiliki produk, kita bisa berjualan secara online melalui media sosial, marketplace ataupun memiliki toko online sendiri. Dan jika pun tidak bisa membuat produk sendiri, kita tetap bisa berbisnis dengan cara menjadi reseller ataupun dropshipper di marketplace semisal Shopee, Tokopedia, BukaLapak dan Lazada.

Baca juga: 10 Peluang Usaha di Kampung dengan Modal Kecil dan Sangat Menguntungkan

Sebenarnya masih banyak bisnis untuk kaum hawa yang bisa dilakukan di rumah, yang penting kita tetap kreatif, inovatif dan tidak tinggal diam. Masalah rezeki sudah diatur oleh Sang Maha Pemberi Rezeki, jadi berusaha saja dulu. Sekian atikel 10 Ide Bisnis Rumahan Untuk Wanita. Semoga dapat mencerahkan. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *