Skema Echo Repeater by Ronica SC-384

Pernahkah sobat tau atau mendengar tentang rangkaian Echo Repeater ini? Dulu rangkaian ini sangatlah populer lho pada saat lagi booming-booming-nya ngebrik di jalur Fm dan interkom. Ya, hampir setiap orang menggunakan echo repeater ini untuk “memperindah” suara atau modulasi vokal mereka. Rangkaian echo repeater ini dulu memang salah satu rangkaian yang paling bagus untuk hasil suaranya, terlepas dari rangkaian-rangkaian echo lainnya yang pada waktu itu juga banyak beredar.

Kelebihan dari rangkaian echo repeater pada skema kali ini yaitu suaranya yang jernih, rendah noise, serta banyaknya pengaturan dan efek untuk merubah suara outputnya, bahkan kita bisa mengaturnya untuk mendapatkan suara mirip robot. Keren bukan? Dengan rangkaian pembangkit gema echo repeater ini, suara vokal yang tadinya biasa-biasa pun bisa berubah menjadi lebih baik, lebih renyah dan lebih enak didengar.

Prinsip kerja echo repeater ini adalah melakukan beberapa modifikasi terhadap sinyal suara vokal kita yang berasal dari mikropon. Modifikasi tersebut antara lain: pengulangan pengucapan kata, penambahan gaung / gema dan efek-efek lainnya yang bisa diatur melalui trimpot dan potensiometer.

Coba perhatikan skema rangkaian echo repeater produksi dari Ronica di bawah ini:

Skema Echo Repeater by Ronica SC-384
Skema Echo Repeater by Ronica SC-384

Rangkaian echo repeater di atas menggunakan 1 buah transistor C536 sebagai pre-amp mic, kemudian 2 buah IC AN6551, 1 buah IC MN3101 dan 1 buah IC MN3005 atau MN3008 (bisa dipilih salah satu). IC MN3005 dan MN3008 ini bodynya memiliki ciri khas yang unik, yakni hanya memiliki 4 buah pin / kaki saja, sementara badannya cukup panjang.

IC Echo Repeater MN3005
IC Echo Repeater MN3005
IC Echo Repeater MN3008
IC Echo Repeater MN3008

Rangkaian echo repeater biasanya digunakan untuk ngebrik, siaran radio, karaoke, ataupun pidato. Suara yang dihasilkan oleh rangkaian echo repeater ini sangat berbeda dengan rangkaian echo murah pada umumnya. Hal itu dikarenakan penggunaan komponen aktif utama pada rangkaian echo ini yang juga berbeda, yakni IC MN3005 / MN3008. Kedua IC ini cukup mahal harganya lho. Dulu sekitar tahun 2005, saya beli yang seri MN3008 saja harganya sudah 30 ribuan. Sedangkan yang seri MN3005 itu lebih mahal lagi. Kalau sekarang saya lihat komponen IC ini harganya sudah 100 ribu ke atas. Namun harga yang ditawarkan memang sebanding dengan hasil dan kualitas yang didapatkan.

Pinout IC AN6551
Pinout IC AN6551

Demikian sharing saya tentang skema rangkaian echo repeater yang cukup populer ini. Semoga bermanfaat.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *