Skema 5 Band Graphic Equalizer Mono

Pada postingan ini saya akan memperlihatkan sebuah skema lawas, yakni 5 Band Graphic Equalizer Mono yang menggunakan komponen aktif IC LA 3600. Equalizer ini populer pada tahun 2000an dengan banyaknya kit, komponen dan PCB-nya yang beredar di pasaran. Namun hingga saat ini, kit equalizer jenis ini masih banyak digunakan.

Sesuai dengan namanya, equalizer ini berfungsi untuk mengatur 5 frekuensi suara, yakni frekuensi 100 Hz, 1 Khz, 4 Khz, 8 Khz dan 16 Khz. Rangkaian ini menggunakan 5 buah potensiometer pengaturan frekuensi, yakni untuk nada bass, middle bass, middle, middle treble dan treble.

Coba perhatikan skema 5 Band Graphic Equalizer Mono di bawah ini:

Skema 5 Band Graphic Equalizer Mono
Skema 5 Band Graphic Equalizer Mono

Rangkaian ini memerlukan catu daya 12 volt yang stabil dan teregulasi. Rangkaian equalizer umumnya dipasang sebelum tone control pada amplifier, atau bisa juga dipasang sebagai pengganti tone control. Jadi urutan sederhana pemasangan equalizer pada amplifier adalah sebagai berikut:

AUDIO IN -> EQUALIZER -> AMPLIFIER -> SPEAKER

atau

AUDIO IN -> GALAXY -> EQUALIZER -> AMPLIFIER -> SPEAKER

atau

AUDIO IN -> GALAXY -> EQUALIZER -> TONE CONTROL -> AMPLIFIER -> SPEAKER

Untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, kita harus menggunakan komponen yang baik juga, terlebih untuk perangkat audio. Menurut pengalaman saya, kualitas suara yang dihasilkan equalizer ini lebih baik daripada hanya memasang tone control saja, terutama bagi kita yang menggunakan beberapa jenis speaker (woofer, middle, tweeter) secara bersamaan. Rangkaian equalizer akan mampu memisah-misah nada sesuai keinginan.

Pinout IC LA3600
Pinout IC LA3600

Skema 5 Band Graphic Equalizer di atas adalah untuk 1 channel alias mono. Untuk sistem audio yang stereo silahkan buat 2 rangkaian yang serupa.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *