Skema Variable Power Supply 2-30 Volt 3-10 Ampere LM723

Ini adalah solusi buat kamu yang ingin memiliki sebuah rangkaian power supply atau regulator DC variabel yang tangguh, stabil, anti dengung (noise), arus besar, serta dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, termasuk isi ulang aki (charger accu). Rangkaian ini menggunakan sebuah IC regulator LM723 yang sudah memiliki proteksi terhadap hubung singkat (short circuit protection).

Terus terang, saya hingga sekarang masih menggunakan rangkaian power supply ini untuk menghidupkan peralatan elektronik saya, dan juga sebagai catu daya dalam mencoba-coba rangkaian elektronika DIY baru. Dengan adanya power supply variabel ini, akan sangat membantu dalam pekerjaan sehari hari.

Regulator dengan IC LM723 ini boleh dibilang sangat populer dari masa lalu hingga saat ini, bahkan lebih duluan populer bila dibandingkan dengan IC regulator variabel lain, misalnya LM317 T. Memang komponen yang digunakan lebih banyak dan lebih komplek, akan tetapi dalam masalah kestabilan dan keawetan regulator LM723 lebih dapat diandalkan.

Coba perhatikan skema variable power supply dengan IC LM723 di bawah ini:

Skema Variable Power Supply 2-30 Volt 3-10 Ampere

Rangkaian di atas memang terlihat agak komplek, namun banyak keunggulan yang bisa kita dapatkan dari regulator DC LM723 ini, antara lain:

  1. Arus DC yang dihasilkan bersih dan stabil
  2. Output dapat diatur dari 2 hingga 30 volt
  3. Terdapat perlindungan dari hubung singkat atau konslet, sehingga jika terjadi short, maka transistor daya tidak akan mati karena IC LM723 segera memutus arus listrik
  4. Mendukung arus besar hingga 10A, dan ini tergantung dari jumlah transistor daya yang digunakan serta besarnya arus pada transformator
  5. Komponen dan PCB yang digunakan mudah didapat dan masih banyak yang menjualnya

Rangkaian regulator LM723 ini dulu saya gunakan untuk mencatu pesawat pemancar FM yang saya miliki. Dulu saya gunakan untuk ngebrik dan terkadang juga broadcast. Tidak ada noise atau dengung yang terdengar, arus listrik yang dihasilkan sangatlah bersih.

Voltage regulator LM723
Pinout Voltage Regulator IC LM723
2N3055
Pinout Transistor Final 2N3055

Untuk transistor daya akhir (2N3055) sebaiknya dipasangkan pendingin yang memadai karena akan menghasilkan panas saat digunakan, terutama oleh rangkaian yang memerlukan arus besar.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *