Skema Pemancar SW 40 Watt, Jangkauan Luas Seluruh Nusantara

Pad apostingan ini saya akan memperlihatkan sebuah skema pemancar radio SW dengan daya yang cukup besar, yakni 40 watt. Pemancar ini sering dikenal dengan sebutan Pemancar 80 Meter Band SW.

Teringat pada saat saya kecil dulu sekitar tahun 90-an, sebelum adanya HP, orang kerap menggunakan pemancar radio untuk komunikasi jarak jauh dengan orang lain. Waktu itu yang populer digunakan adalah pemancar radio SW dan pemancar FM.

Untuk pemancar radio SW ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pemancar FM, yakni bisa menjangkau jarak yang sangat jauh, misalnya se-Indonesia atau bahkan sedunia jika pemancarnya berdaya besar. Kelebihan lainnya yakni komponen seperti transistor yang digunakan harganya relatif lebih terjangkau daripada transistor yang digunakan pada pemancar FM dengan daya yang sama.

Adapun kekurangan pemancar radio SW jika dibandingkan pemancar FM adalah pada kualitas suara atau modulasi. Pemancar FM menang pada poin ini, karena modulasinya jauh lebih jernih dan enak didengar daripada modulasi pada radio SW.

Nah, coba perhatikan skema pemancar 80 meter band SW jangkauan seluruh nusantara di bawah ini.

Skema Pemancar 80 Meter Band SW 40 Watt
Skema Pemancar 80 Meter Band SW 40 Watt

Pada skema di atas dapat kita lihat rangkaiannya cukup sederhana jika dibandingkan pemancar FM. Kita hanya membutuhkan 5 buah transistor, yakni 1 untuk osilator, 2 buah untuk driver dan 2 buah lagi untuk final yang dipasang secara pararel. Transistor final untuk pemancar SW 40 watt ini harganya cukup murah dan terjangkau. Coba saja bandingkan harganya dengan pemancar FM daya yang sama, misalnya pemancar FM final transistor C1946A, tentu sangat jauh berbeda.

Nah, saat membuat sebuah pemancar SW ini, biasanya terkendala dengan beberapa komponen yang sudah jarang atau sulit ditemukan. Misalnya saja trafo modulasi OT426 dan varco besi 1000 pF untuk transistor final. Kedua jenis komponen ini saat ini sudah langka, dan walaupun ada biasanya bekas dan harganya cukup mahal.

D476
Pinout Transistor Final D476

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *