Skema Radio MW Sensitif Tanpa Trafo MF / IF

Salah satu rangkaian radio MW / radio AM yang paling sederhana, sensitif dan hanya menggunakan komponen yang paling sedikit akan saya suguhkan pada postingan kali ini. Jika pada umumnya rangkaian radio MW menggunakan trafo MF / trafo IF, skema kali ini tidak memerlukan satu pun trafo tersebut. Komponen aktifnya pun hanya menggunakan 2 buah IC dan beberapa buah dioda.

Radio AM (Amplitudo Modulation), atau sering juga disebut radio MW (Medium Wave) adalah gelombang radio yang umumnya dipancarkan pada frekuensi antara 700 KHz hingga 1300 KHz atau 1.3 MHz. Walaupun pada kenyataannya frekuensinya bisa melebar lebih dari itu.

Pada zaman dulu, radio MW sangatlah digemari orang. Salah satu kelebihan radio MW dari radio FM adalah sensitifitasnya. Radio FM umumnya bisa bagus dan banyak menerima siaran hanya jika ditambakan antena tambahan yang cukup. Sedangkan radio MW tidak perlu antena tambahan, cukup hanya menggunakan antena bawaan radio saja sudah mampu untuk menerima siaran yang jelas dan cukup banyak.

Nah, berikut ini adalah skema jadul untuk radio AM yang hanya memerlukan komponen sedikit dan tanpa menggunakan trafo MF. Skema ini kalo tidak salah produk dari Ronica atau Saturn.

Skema Radio MW Sensitif Tanpa Trafo MF
Skema Radio MW Tanpa Trafo MF
Daftar Komponen Radio MW
Daftar Komponen Radio MW

Skema di atas terlihat cukup sederhana. Untuk tuning atau penala gelombang kita hanya membutuhkan sebuah spull AM dan sebuah Varco 500 pF. Sinyal dari penalaan tadi akan diperkuat dan dideteksi oleh sebuah IC YS414 / ZN414Z sebagai detektor dan penyesuai impedansi, dan kemudian dilanjutkan ke bagian amplifier mini IC LM386 supaya sinyal audio bisa kita dengarkan melalui speaker.

Walaupun rangkaian ini cukup sederhana, namun sensitifitasnya dapat diandalkan apalagi jika kita menggunakan antena eksternal.

IC YS414 / ZN414Z
Pinout IC YS414 / ZN414
IC LM386
Pinout IC LM386

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *