Skema Pre-Amp Head Stereo + Record TA 7668 BP

Skema lawas penguat coil head pada tape recorder rendah noise yang cukup berkualitas akan saya bagikan di sini. Rangkaian pre-amp head ini selain untuk penguat head pada tape, juga dilengkapi dengan fitur recording yang berfungsi untuk merekam suara di pita kaset.

Pada jaman dulu sebelum adanya teknologi CD, DVD dan MP3 player, keberadaan tape recorder cukup populer dipakai sebagai sarana hiburan keluarga. Tak heran, pada masa itu penjualan kaset lagu sangat laris di pasaran. Sekitar tahun 2000an dulu tape recorder masih populer digunakan sebelum kehadiran CD player.

Pada saat itu saya sebagai penghobi elektronika juga seringkali membuat tape rakitan sendiri, dari mulai merakit pre-amp head, galaxy, tone control, equalizer, hingga power amplifiernya. Walaupun suaranya gak sebaik buatan pabrik, namun ada kesukaan dan kepuasan tersendiri.

Berikut adalah skema pre-amp head stereo + record produksi dari GM kit (kalo gak salah) yang cukup populer pada masa itu.

Stereo Pre-Amp Head + Record IC TA 7668 BP
Stereo Pre-Amp Head + Record IC TA 7668 BP

Komponen aktif pada rangkaian ini hanya menggunakan sebuah IC TA 7668 BP atau KA 22261 dan beberapa buah transistor. Saya dulu pernah membeli kit ini dan memasangya pada tape recorder rakitan sendiri. Suaranya pun cukup bagus dan rendah noise.

Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah menguatkan sinyal audio yang dihasilkan dari gesekan antara head dengan pita kaset yang masih sangat lemah, sekaligus melakukan filter dari noise dan sinyal frekuensi liar lainnya, serta penyesuaian impedansi.

Pinout IC TA7668BP
Pinout IC TA7668BP

Output rangkaian ini bisa langsung kita hubungkan ke rangkaian selanjutnya, misalnya mixer atau tone control stereo, sebelum masuk ke bagian penguat akhir (amplifier).

Semoga menginspirasi!

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *