Skema Amplifier Mini 12 Volt untuk Headphone, Penguat Earphone

Amplifier ini adalah sejenis penguat audio yang memakan konsumsi daya rendah, jadi bisa lebih irit jika catu daya yang dipakai berasal dari sebuah baterai. Jenis amplifier ini adalah penguat audio mini yang digunakan sebagai pengeras suara untuk sebuah headphone atau earphone. Jika kita suka mendengarkan musik lewat headphone atau earphone, skema penguat headphone ini adalah solusinya.

Berikut adalah skema amplifier mini penguat headphone atau earphone selengkapnya.

Skema Amplifier untuk Headphone / Earphone
Skema Amplifier untuk Headphone / Earphone

Pada skema amplifier di atas, kita hanya membutuhkan 2 komponen aktif, yakni sebuah transistor C945 sebagai penguat awal dan 1 buah IC LM741 sebagai amplifiernya. IC LM741 adalah sebuah IC yang sangat populer dan dikenal luas sebagai IC untuk pre-amp dan op-amp. IC jenis ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah. Rangkaian ini hanya membutuhkan tegangan rendah yakni sebesar 12 volt saja dengan arus minimal 250 mA.

LM741
Pinout IC LM741

Untuk inputnya sendiri, bisa dari berbagai sumber audio, misalnya tape, radio, mp3 player, CD player, HP dll. Penguat headphone ini akan menghasilkan suara yang cukup berkualitas dan keras didengar.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.