Cara Mengubah Radio Fm Mono Menjadi Stereo, FM Stereo Demodulator

Halo sobat pembaca! Pada postingan ini saya akan membagikan lagi sebuah skema elektronik yang mungkin kurang populer namun cukup bermanfaat jika kita memiliki rangkaian ini. Rangkaian lawas produksi dari produsen PCB ternama ini dinamakan “FM STEREO DEMODULATOR“.

Mungkin bagi beberapa orang masih cukup asing dengan nama dari rangkaian ini. Tapi saya akan menjelaskannya sedikit pada artikel kali ini. Secara umum, Fm Stereo Demodulator adalah sebuah rangkaian atau modul yang dipakai untuk mengubah output dari suatu rangkaian radio penerima Fm yang masih mono menjadi stereo. Hebatnya, rangkaian Fm Stereo Demodulator ini bisa digunakan untuk semua jenis radio Fm, mislanya radio Fm tuner, radio Fm saku, radio Fm portabel biasa, dll.

Nah, jadi jika ada sebuah stasiun pemancar siar radio Fm stereo yang diterima oleh radio Fm mono milik kita, dengan rangkaian ini bisa menjadi stereo lho, dimana suara yang dihasilkan akan lebih baik, yakni menjadi 2 channel yang berbeda alias stereo.

Coba perhatikan skema di bawah ini:

FM Stereo Demodulator by Ronica SC-207
FM Stereo Demodulator by Ronica SC-207

Rangkaian di atas hanya menggunakan 1 buah IC tipe AN7410, atau MC1310. Kedua IC ini sama-sama berfungsi sebagai dekoder atau demodulator untuk gelombang radio Fm. Untuk perbedaan pemasangan terhadap kaki-kaki IC tersebut, bisa sobat lihat pada skema di atas.

Karena output dari IC tadi masih cukup lemah untuk diumpankan ke bagian input amplifier, maka dipasanglah transistor Q1 dan Q2 sebagai pre-amp, yakni BC547 / BC549 / BC550. Kita juga bisa menggunakan transistor NPN sejenis yang mirip-mirip, misalnya C9013, C9014, C945 dsb.

Rangkaian di atas juga dilengkapi dengan lampu LED yang berfungsi sebagai indikator stereo. Jadi jika stasiun radio Fm yang diterima memang stereo dari pemancarnya, maka lampu LED ini akan menyala, dan jika mono maka akan padam.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Untuk sobat yang ingin membeli kit siap pakai maupun komponennya, coba cek saja di toko online masih banyak yang jual kok, misalnya di Shopee:

Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih telah berkunjung!

Pinout IC AN7410
Pinout IC AN7410
Pinout IC MC1310
Pinout IC MC1310

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.