Skema Power Amplifier 60 Watt by Ronica SC-026

Ini adalah skema amplifier lawas yang cukup populer pada zamannya, yakni skema power amplifier 60 watt dengan transistor. Skema ini dulu diproduksi oleh Ronica bersama PCB-nya, yakni SC-026.

Selain amplifier OCL dengan transistor jengkol (2N3055 / MJ2955), amplifier 60 watt ini bisa dijadikan pilihan untuk dirakit dengan biaya yang lebih rendah dan komponen yang lebih sedikit. Untuk suaranya sendiri cukup keras karena saya pernah merakitnya, bahkan untuk speaker 10 inchi / 150 watt saja masih kuat ngangkat dengan kualitas suara yang bagus.

Ketersediaaan komponen untuk rangkaian amplifier 60 watt ini pun masih mudah ditemukan. Kita juga bisa mengganti transistornya dengan tipe lain yang sejenis dan mirip-mirip.

Berikut adalah Skema Power Amplifier 60 Watt by Ronica SC-026 selengkapnya:

Power Amplifier 60 Watt by Ronica SC-026
Power Amplifier 60 Watt by Ronica SC-026

Pada skema di atas, dapat dilihat bahwa kita cukup menggunakan 7 buah transistor saja untuk mendapatkan penguatan hingga 60 watt. Skema di atas adalah untuk rangkaian mono, untuk amplifier stereo kita membutuhkan 2 buah rangkaian yang sama.

Rangkaian power amplifier di atas dicatu dengan power supply simetris, yakni tegangan positif, CT dan tegangan negatif. Power amplifier ini sangat pas dicatu dengan tegangan 25 v – 30 v dengan trafo CT. Namun untuk lebih amannya, kita cukup mencatunya dengan tegangan 25 volt saja, supaya transistornya tidak cepat panas.

Transistor final yang digunakan adalah tipe 2SC1061 dengan power 25-30 watt. Kita juga bisa menggunakan transistor lain yang mirip-mirip, misalnya 2SD313, TIP31A dsb. Jangan lupa memasang pendingin yang memadai untuk transistor ini karena akan menghasilkan panas yang tinggi saat bekerja.

Pinout Transistor Final C1061
Pinout Transistor Final C1061

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.