Skema Pemancar FM Final C2053

Halo para elektromania! Bagi kamu yang masih suka utak-atik pemancar radio, saya punya referensi skema pemancar Fm kecil-kecilan tetapi dengan sinyal yang cukup joss dan jangkauan cukup jauh di kelasnya. Skema ini cocok buat kamu yang baru belajar merakit sebuah pemancar radio Fm.

Pemancar Fm mini ini akan menghasilkan daya sekitar 1-2 watt dengan hanya menggunakan 3 buah transistor saja, yakni C930, C2570/C2026 dan C2053 sebagai finalnya. Rangkaian ini tidak memakai kapasitor trimmer yang cukup mahal dan sulit dicari, melainkan hanya menggunakan kopel berupa kapasitor keramik biasa, sehingga lebih irit dana dan irit komponen.

Sama halnya dengan pemancar Fm yang lain, pemancar Fm final C2053 ini juga bekerja pada gelombang radio Fm dengan frekuensi antara 88-108 MHz, dan bahkan bisa lebih atau kurang dari itu tergantung koker dan lilitan osilator yang dibuat.

Pemancar Fm ini sudah saya tes dengan hasil yang cukup baik dan dengan daya yang sedikit lebih besar ketimbang pemancar mini Fm yang menggunakan final 4 buah transistor C930.

Coba perhatikan skema di bawah ini:

Skema Pemancar FM Final C2053
Skema Pemancar FM Final C2053

Untuk bagian osilator / penala frekuensi, skema ini masih sama dengan rangkaian pemancar mini Fm produk dari Ronica yang sangat populer itu. Namun pada bagian driver dan final, sengaja dimodifikasi untuk mendapatkan daya yang lebih besar serta komponen yang lebih sedikit. Sebaiknya pasang pendingin yang memadai pada transistor C2570/C2026 dan C2053 karena akan menghasilkan panas saat bekerja.

Keterangan Lilitan (L):

  • L1 untuk Osilator: dibuat dengan kawat email diameter 0.4 mm yang dililitkan sebanyak 3 lilit pada koker inti ferit dengan diameter 5 mm
  • L2: dibuat 5 lilit dengan kawat email diameter 0.7 mm, diameter lilitan 6 mm inti udara
  • L3: dibuat 8 lilit dengan kawat email diameter 0.7 mm, diameter lilitan 6 mm inti udara

Komponen pendukung lainnya:

  • Trafo daya: Gunakan trafo daya atau power supply yang stabil teregulasi dengan arus minimal 2 ampere, tegangan 12 volt
  • Antena: Open dipole, ground plane, atau yagi
  • Kabel antena: Kabel coaxial berkualitas, direkomendasikan jenis RG8

Untuk sobat yang ingin membeli komponen, kit jadi siap pasang maupun PCB-nya, coba cek saja di toko online masih banyak yang jual kok, misalnya di Shopee:

Pinout Komponen:

C930
Pinout C930
C2570
Pinout C2570
C2026
Pinout C2026
C2053
Ponout Transistor Final C2053

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *