Cara Kompres File Terbaik Ukuran Kecil Maksimal di Komputer

Halo sobat pembaca, pada artikel ini saya akan membahas tuntas bagaimana cara kita melakukan kompresi atau mengecilkan ukuran file di komputer dengan mudah dan cepat. Dengan semakin banyaknya file dan folder yang menumpuk di komputer, tentu lama-kelamaan harddisk di komputer kita akan cepat penuh dan kekurangan ruang (space), yang akan menyebabkan error karena low disk space. Beberapa fungsi Windows biasanya akan terganggu karena masalah ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita mesti rutin melakukan maintenance harddisk, dengan cara membuang file-file sampah yang tidak diperlukan lagi. Cara lain untuk mengosongkan harddisk di komputer adalah dengan mengarsipkan file-file yang jarang digunakan, yaitu dengan melakukan compress file ke dalam bentuk archive. Untuk melakukan kompres file tersebut, kita membutuhkan tools atau aplikasinya. Antara lain yang populer adalah WinRAR, WinZip dan 7Zip. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 7Zip, karena selain aplikasi tersebut gratis, kita juga bisa mendapatkan hasil kompresan yang boleh dibilang terbaik, dengan hasil kompres yang kecil.

Oke langsung saja, caranya adalah sebagai berikut:

  • Bagi sobat yang belum memiliki aplikasinya, silahkan download dulu aplikasi 7Zip di situs resminya, yaitu www.7-zip.org. Kemudian klik link Download disana, sesuaikan dengan spesifikasi komputer sobat. Jika komputernya 32 bit, pilihlah yang 32-bit x86, sementara jika komputernya 64 bit, maka pilihlah yang 64-bit x64.
Download 7-zip for Windows
Download 7-zip for Windows
  • Setelah didownload, silahkan install aplikasi 7Zip di komputer sobat. Jika aplikasi meminta restart komputer, silahkan restart dulu PC nya.
  • Setelah terinstall biasanya ada menu baru (menu 7-Zip) ketika kita klik kanan file atau folder di Windows Explorer.
Menu 7-zip di Windows Explorer
Menu 7-zip di Windows Explorer
  • Nah, untuk mulai mengkompres file, silahkan klik kanan file atau foldernya, kemudian pilih menu 7-zip dan pilih Add to archive. Maka akan akan tampil jendela kompresi.
Jendela kompresi 7-zip, Add to Archive
Jendela kompresi 7-zip, Add to Archive
  • Untuk mendapatkan hasil kompresi terbaik, pada bagian Archive format: pilih 7z, dan pada bagian Compression level: pilih Ultra. Untuk yang lainnya biarkan saja. Setelah itu klik OK. Maka program akan mulai melakukan kompresi.
Kompress file dengan 7-zip
Kompress file dengan 7-zip
  • Setelah selesai, hasil kompresannya akan tersedia dengan nama NamaFileAtauFolder.7z, sesuai dengan nama file atau folder yang dikompres tadi.
Hasil kompres 7-zip
Hasil kompres 7-zip

Hasil kompres dari 7zip ini tergolong bagus, terbukti dari ukuran awal file 45 Mb, setelah dikompres menjadi 17.5 Mb. Keren bukan? Jadi kita bisa lebih menghemat space atau ruang di harddisk komputer kita. Setelah itu, simpanlah file .7z tersebut sebagai backup, dan sobat boleh menghapus file atau folder aslinya agar tidak memenuhi harddisk.

Demikian cara kompres terbaik menggunakan aplikasi 7zip. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *