17 Jenis Keladi Hias Viral Bernilai Bisnis Yang Layak Dimiliki

Halo sobat semuanya! Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang koleksi tanaman hias yang saya miliki, yaitu berupa keladi hias yang kini sedang viral dan naik daun. Tanaman hias jenis talas-talasan liar ini sekarang sangat digemari dan banyak dicari orang lho. Karena selain untuk tanaman hias, tanaman bergenus Caladium ini sekarang laku keras di pasaran.

Sebenarnya sudah sejak dulu beberapa jenis keladi ini kerap kita temukan tumbuh liar di kebun atau di hutan. Namun pada saat itu, orang tidak pernah meliriknya. Mereka hanya menganggapnya sebagai gulma semata. Walaupun oleh sebagian orang, tanaman keladi liar ini biasa dimanfaatkan untuk pakan ikan mereka.

Baca juga: Potensi Bisnis Tanaman Talas Hias Liar Kini Makin Meroket

Di sini saya akan memperlihatkan jenis-jenis keladi yang layak kita pelihara untuk tanaman hias dan juga dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Tapi sebelumnya saya mohon maaf, bila saya salah memberikan penamaan untuk jenis-jenis keladi ini.


1. Keladi Daun Besar (Sente Hijau)

Sente Hijau
Keladi Daun Besar (Sente Hijau)

Ciri khas tanaman sente ini adalah daunnya yang besar-besar berwarna hijau. Sebenarnya jenis keladi ini bukanlah tanaman hias. Orang kerap menanam keladi sente ini di kebun untuk pakan ikan terutama ikan gurame. Namun sekarang keladi jenis ini berpindah posisi dari kebun ke pot bunga. Ada sebagian orang yang menyukai sente hijau ini untuk dijadikan tanaman hias.

Saya pernah melihat keladi sente ini anakannya dijual Rp10.000 / buah di salah satu marketplace dan cukup laris. Jadi bagi sobat memiliki jenis keladi ini dalam jumlah banyak, bisa dicoba dijual juga, siapa tahu laris, hehehe…

Kelangkaan keladi ini: Sangat banyak, sering ditemukan di kebun atau hutan.


2. Keladi Hitam (Sente Wulung)

Keladi hitam / Sente Wulung
Keladi Hitam (Sente Wulung)

Sesuai dengan namanya, keladi jenis ini daun dan batangnya berwarna hijau kehitaman. Sebenarnya tampangnya mirip sekali dengan sente hijau, tetapi berbeda warna dan ukuran daunnya lebih kecil.

Kelangkaan keladi ini: Cukup langka, jarang ditemukan di kebun atau hutan.


3. Keladi Daun Hitam (Black Beauty)

Keladi Black Beauty
Keladi Black Beauty

Keladi jenis ini memiliki keunikan yaitu warna daunnya yang hijau dengan bercak hitam menyirip. Tanaman hias ini tergolong jenis keladi kecil yang ukuran daunnya tidak selebar sente. Keladi daun hitam ini cukup langka, tidak banyak orang yang menanamnya, dan walaupun ada yang jual pasti harganya cukup mahal.

Kelangkaan keladi ini: Langka, sulit ditemukan di kebun atau hutan.


4. Keladi Army

Keladi Army
Keladi Army

Dengan daun yang berwarna hijau dihiasi totol-totol putih, sepintas keladi ini mirip baju tentara. Oleh sebab itu orang kerap menyebutnya sebagai keladi army. Sama seperti keladi bercak hitam, jenis ini juga termasuk jenis variegata, yaitu berwarna ganda.

Kelangkaan keladi ini: Langka, sulit ditemukan di kebun atau hutan.


5. Keladi Bulat, Daun Hijau Garis Putih

Keladi Bulat Daun Hijau
Keladi Bulat Daun Hijau

Dominasi warna hijau diselingi garis putih pada daunnya, membuat keladi jenis ini tampak unik dan cantik. Berbeda dengan jenis keladi lain, bentuk daun keladi jenis ini tampak agak membulat dengan ujungnya yang lancip.

Kelangkaan keladi ini: Langka, sulit ditemukan di kebun atau hutan.


6. Keladi Mini Kupu-kupu Hijau

Keladi Mini Kupu-kupu Hijau
Keladi Mini Kupu-kupu Hijau

Sepintas, daun dari jenis keladi ini mirip dengan sayap kupu-kupu. Keladi jenis ini termasuk keladi berdaun paling kecil yang pernah saya temukan. Ukuran batangnya pun kecil dan pendek. Warna batang dan daunnya sama, yaitu hijau muda. Keladi jenis ini kerap ditemukan tumbuh liar di hutan atau di kebun.

Kelangkaan keladi ini: Tidak langka, sering ditemukan di kebun atau hutan.


7. Keladi Wayang (Pink Symphonie)

Keladi Wayang (Pink Symphonie)
Keladi Wayang (Pink Symphonie)

Ini salah satu keladi unik paling cantik yang bernilai bisnis cukup bagus. Saya pernah melihat jenis keladi wayang ini dijual cukup mahal di toko online. Sepintas, keladi jenis ini memiliki 2 macam daun yang berbeda warna. Sebenarnya itu bukan 2 macam, tetapi daun tanaman ini dapat berubah warna. Jadi saat keluar daun muda terdapat 3 warna, yaitu hijau, putih dan pink, dan setelah daunnya menua akan berubah menjadi warna hijau. Keren bukan?

Kelangkaan keladi ini: Langka, sulit ditemukan di kebun atau hutan.


8. Keladi Pink Love (Pink Flamingo)

Keladi Pink Love (Pink Flamingo)
Keladi Pink Love (Pink Flamingo)

Ini adalah salah satu jenis keladi liar yang sering ditemukan. Dengan dominasi daun berwarna hijau dan bercak pink menyerupai hati (love) pada bagian tengah daunnya, keladi jenis ini cukup digemari orang dan kerap dipelihara untuk pakan ikan dan juga tanaman hias.

Kelangkaan keladi ini: Sangat banyak, sering ditemukan di kebun atau hutan.


9. Keladi Gingerland Lokal

Keladi Gingerland Lokal
Keladi Gingerland Lokal

Keladi jenis ini tergolong banyak macamnya dengan corak warna daun yang berbeda-beda. Terdapat 3 warna pada daunnya, yaitu dominan warna hijau dan ditaburi bercak-bercak warna pink dengan tulang daun berwarna putih.

Kelangkaan keladi ini: Cukup langka, jarang ditemukan di kebun atau hutan.


11. Keladi Spider

Keladi Spider
Keladi Spider

Sebenarnya keladi jenis ini cukup mirip dengan Keladi Gingerland di atas. Yang membedakannya hanya pada bentuk tulang daunnya yang lebih mirip jaring laba-laba serta warna tulang daunnya yang dominan pink.

Kelangkaan keladi ini: Cukup langka, jarang ditemukan di kebun atau hutan.


10. Keladi Red Star

Keladi Red Star
Keladi Red Star

Dinamakan Red Star karena pada bagian tengah daun keladi ini terdapat bulatan berwarna merah. Dengan taburan bercak-bercak putih, membuatnya tampak seperti bintang merah yang bercahaya. Keladi jenis ini sangat banyak ditemukan tumbuh liar di kebun, tepi sawah, dekat empang, ataupun di hutan. Orang kerap memanfaatkan keladi jenis ini untuk pakan ikan.

Kelangkaan keladi ini: Sangat banyak, sering ditemukan di kebun atau hutan.


12. Keladi Tri Color (Three Colors)

Keladi Tri Color
Keladi Tri Color (Three Colors)

Sesuai dengan namanya, keladi ini memiliki 3 macam warna yang berbeda pada daunnya. Keladi Tri Color ini sering ditemukan tumbuh liar di kebun atau hutan. Keladi jenis ini memiliki daun dan tulang daun berwarna hijau dengan ditaburi bercak-bercak warna putih dan pink secara acak pada setiap helai daunnya. Betapa Maha Pintarnya Tuhan yang telah menciptakan macam ragam tanaman hias cantik ini.

Kelangkaan keladi ini: Cukup banyak, sering ditemukan di kebun atau hutan.


13. Keladi Putih / Keladi Tissue (White Christmas)

Keladi Putih / Keladi Tissue (White Christmas)
Keladi Putih / Keladi Tissue (White Christmas)

Salah satu jenis keladi yang “nyeleneh” menurut saya. Yang lain kebanyakan daunnya pada hijau, lha ini warnanya putih sendiri. Saya sempat berfikir, apa mungkin keladi putih ini dapat berfotosintesis? Kan tidak memilik klorofil atau zat hijau daun? Hm… Tapi mungkin saya salah, karena kalau dilihat dari dekat, keladi jenis ini tetap memiliki warna hijau kok, yaitu pada tulang daunnya.

Keladi jenis ini tergolong sangat digemari karena warna daunnya yang cukup unik dan cantik.

Kelangkaan keladi ini: Cukup langka, jarang ditemukan di kebun atau hutan.


14. Keladi Putih Mini

Keladi Putih Mini
Keladi Putih Mini

Keladi ini merupakan salah satu jenis keladi kecil atau mini, dimana pohon dan daunnya tidak sebesar keladi putih di atas. Bentuk daun keladi hias ini cenderung lonjong dan meruncing, dengan warna hijau didominasi warna putih pada bagian tengahnya.

Kelangkaan keladi ini: Tidak langka, terkadang ditemukan di kebun atau hutan.


15. Keladi Tears Of The Sun

Keladi Tears Of The Sun
Keladi Tears Of The Sun

Salah satu jenis keladi hias yang cukup langka dan sulit ditemukan adalah keladi jenis ini. Dinamai Tears Of The Sun, karena keladi ini memiliki ciri khas warna merah seperti darah pada bagian tengahnya, yang tampak seperti matahari yang terluka.

Kelangkaan keladi ini: Langka, jarang ditemukan di kebun atau hutan.


16. Keladi Tengkorak

Keladi Tengkorak
Keladi Tengkorak

Namanya memang cukup seram, tetapi keladi jenis ini sangat cantik, unik dan juga langka. Tidak banyak orang yang memelihara jenis keladi hias ini. Bahkan di toko online saya lihat harganya cukup mahal. Kenapa dinamai keladi tengkorak? Silahkan saja perhatikan terutama pada tulang daunnya yang saya rasa mirip tulang rusuk atau skeleton.

Kelangkaan keladi ini: Langka, sangat jarang ditemukan di kebun atau hutan.


17. Kuping Kalde

Kuping Kalde
Kuping Kalde

Mendengar nama “kuping kalde”, mungkin sudah tidak asing. Tanaman hias yang satu ini sudah banyak dipelihara orang sejak dulu. Kuping kalde ini juga termasuk ke dalam suku talas-talasan. Daunnya yang meruncing mirip telinga kuda, merupakan ciri khas tanaman hias ini.

Kelangkaan keladi ini: Tidak langka, tetapi sulit ditemukan di kebun atau hutan.

Oke, dari jenis-jenis tanaman keladi hias di atas, jenis yang mana yang tidak kamu miliki? Semoga cepat memilikinya ya. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung.

Baca juga: Peluang Usaha Penjualan Bibit Tanaman Yang Makin Menguntungkan di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *