Skema Pemancar CB 27 MHz 8-20 Watt dengan Transistor

Radio CB atau Citizens Band adalah frekuensi yang disediakan khusus untuk radio komunikasi rakyat, yakni pada frekuensi sekitar 27 MHz. Komunikasi pada radio CB cukup populer dan hingga kini masih banyak yang melakukannya.

Pada sekitar tahun 90-2000an atau sebelum adanya HP, setidaknya ada 4 cara kita bisa berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang jauh selain melalui surat, yaitu komunikasi pada radio CB, ngebrik di jalur SW, ngebrik di radio Fm dan interkom atau “lojeran”. Pada saat itu hampir setiap orang memiliki pesawat komunikasi baik berupa interkom maupun pemancar radio. Walaupun terkadang sering dimarahi tetangga karena mengganggu siaran televisi mereka akibat frekuensi liar dari pemancar radio, namun semua itu cukup berkesan dan meninggalkan sebuah kenangan yang tak terlupakan 🙂

Pada zaman sekarang ini, baik radio maupun pemancar CB sudah mengalami beberapa perubahan pada skema maupun komponennya. Tapi kebanyakan yang dipakai adalah kit jadi buatan pabrik yang otak rangkaiannya sudah menggunakan modul dengan IC. Dan di postingan kali ini saya akan membagikan sebuah skema lawas untuk pemancar radio CB 27 MHz yang menggunakan transistor sebagai penguat dayanya. Keunggulan rangkaian transistor adalah mudah dirakit dan mudah diperbaiki saat terjadi kerusakan komponen.

Coba perhatikan skema rangkaian pemancar CB dengan transistor di bawah ini:

Pemancar CB 27 MHz 8-20 Watt
Pemancar CB 27 MHz 8-20 Watt

Pada skema di atas dapat dilihat bahwa pemancar CB ini hanya menggunakan 3 buah transistor saja, yakni Q1 (2N2222A) sebagai osilator, lalu dilanjutkan ke Q2 (2N2219) sebagai driver dan untuk transistor final (Q3), kita bisa memilih 2 tipe transistor. Kita bisa memakai transistor tipe 2SC1162 untuk power / daya 8 watt, dan jika ingin daya lebih besar lagi, maka kita pakai transistor final tipe 2SC1377 yang memiliki daya pancar hingga 20 watt.

Untuk komponennya sendiri, saya lihat masih banyak tersedia di pasaran terutama di toko-toko online yang harganya pun relatif murah ketimbang komponen / transistor untuk pemancar Fm.

C1162
Pinout Transistor C1162
Pinout Transistor C1377

Bagi pemula, merakit sebuah pemancar radio dengan menggunakan transistor akan lebih cocok daripada menggunakan IC, karena rangkaian transistor lebih mudah dirakit dan tidak terlalu rumit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *