Skema Audio Mixer dengan IC LM 741

Audio mixer adalah rangkaian yang digunakan untuk menggabungkan atau mencampurkan beberapa input atau kanal audio menjadi 1 bagian output. Rangkaian mixer ini biasanya dipasang sebelum penguat akhir atau amplifier. Prinsip kerjanya adalah mencampur audio input menjadi satu keluaran atau output yang tetap keras dan stabil.

Contoh kongkrit penerapan audio mixer ini misalnya pada sistem karaoke, dimana sinyal audio terdiri dari sinyal musik dan juga sinyal vokal dari microphone. Dengan rangkaian mixer ini, kedua sinyal input tadi akan dicampur dan dihasilkan output yang tetap keras dan bersih. Tanpa audio mixer, biasanya output yang dihasilkan akan kecil dan kurang bercampur. Sinyal audio akan bertabrakan yang menyebabkan daya keluaran menjadi kecil atau rendah.

Kelebihan dari skema audio mixer ini, selain untuk mix audio, juga sudah dilengkapi tone control, sebagai pengatur volume, bass dan treble.

Skema Audio Mixer dengan IC LM 741
Skema Audio Mixer + Tone Control LM741

Catatan: Untuk pengaturan volume, bass dan treble, gunakanlah potensiometer B50k.

IC LM741 adalah IC 8 pin yang sangat populer di dunia. Komponen ini dinobatkan sebagai general purpose operational amplifier. Banyak rangkaian elektronika yang menggunakan IC LM741 ini, terutama rangkaian op-amp dan pre-amp.

Pinout IC LM 741
Pinout IC LM 741

Lihat juga: Skema Audio Mixer Sederhana dengan 2 Transistor

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba merangkai rangkaian audio mixer sendiri, skema ini bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *