Skema Radio FM Tuner Anti Desis Yang Sensitif Generasi Baru

Halo teman-teman pecinta radio! Masih suka dengerin radio gak saat sekarang ini? Memang untuk di jaman modern ini keberadaan radio sudah hampir tersisihkan dengan adanya teknologi baru yang serba online. Sekedar nostalgia, pada jaman dulu, mendengarkan radio itu merupakan salah satu hal yang wajib untuk mendapatkan hiburan. Makanya pada jaman saya kecil dulu sekitar tahun 90an, hampir setiap orang memiliki radio.

Pada jaman itu radio yang populer adalah radio transistor dengan gelombang AM dan SW. Namun semakin kesini yang siaran pada band AM semakin langka sejak hadirnya teknologi radio FM yang suaranya lebih jernih dan modulasinya lebih enak. Dan hingga sekarang ini, radio FM masih tetap populer, walaupun sebagian sudah berpindah ke format streaming secara online.

Nah, pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah skema radio penerima FM yang sensitif, anti desis dan cukup mumpuni. Skema radio FM ini merupakan pembaruan dari skema terdahulu, yaitu dengan menambahkan beberapa komponen aktif berupa transistor sebagai penguat IF dan penguat audio.

Berikut adalah skema radio FM tuner anti desis yang sensitif selengkapnya:

Skema Radio FM Tuner Anti Desis Yang Sensitif Generasi Baru
Skema FM Tuner Anti Desis Generasi Baru

Dapat dilihat pada rangkaian di atas, bahwa ada perubahan skema dari yang terdahulu, yaitu dengan ditambahkannya transistor Q1 dan Q2: C945. Q1 berfungsi sebagai penguat sinyal IF yang berasal dari tuner FM, kemudian outputnya masuk ke IC LA1260 sebagai detektor FM. Dari sana, sinyal audio masih cukup lemah, maka ditambahkan Q2 sebagai penguat audio sebelum akhirnya diteruskan ke IC LA3361 sebagai dekoder agar outputnya menjadi stereo.

Pinout IC LA1260
Pinout IC LA1260
Pinout IC LA3361
Pinout IC LA3361

Sebenarnya untuk sensitif atau tidaknya sebuah radio FM itu tergantung pada tuner FM itu sendiri. Saran saya, pilihlah tuner FM yang berkualitas agar hasilnya lebih peka dan memuaskan. Untuk saat ini, tuner FM yang baru cukup sulit ditemukan, mungkin karena tidak diproduksi lagi. Namun jangan takut, sobat masih tetap bisa merangkai radio FM ini dengan tuner bekas yang banyak dijual di toko-toko online.

Berikut akan saya lampirkan link toko yang masih menjual radio Fm Tuner dari Shopee:

Kit lengkap Fm Tuner Stereo Sensitif: https://shope.ee/9eiQwg6z1U

Kit lengkap Fm tuner stereo standar: https://shope.ee/6A8YmKQwwS

Kepala Fm tuner bekas: https://shope.ee/4Kgub01iGP, https://shope.ee/7pGmlV4N72, https://shope.ee/3V7nbZkjYm

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *