Skema Audio Mixer Sederhana dengan 2 Transistor

Jika pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang Skema Audio Mixer dengan IC LM741, maka pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah skema pencampur audio (mixer) yang hanya menggunakan 2 buah transistor saja. Rangkaian audio mixer ini cukup sederhana, sudah saya coba dan hasilnya yang cukup memuaskan.

Rangkaian audio mixer digunakan sebagai pencampur audio dari beberapa sumber input menjadi satu kesatuan output tanpa mengurangi kualitas audio itu sendiri. Contoh sederhana misalnya pada sistem karaoke, dimana input terdiri dari suara vokal dari mikropon dan juga musik dari perangkat lain. Dengan audio mixer ini, sinyal vokal dan musik tersebut akan digabung atau dicampurkan, kemudian diteruskan ke bagian amplifier sampai terdengar di telinga kita melalui speaker. Audio mixer lazim ditemukan pada setiap perangkat sound system.

Berikut skema rangkaian audio mixer sederhana dengan 2 buah transistor.

Skema Audio Mixer Sederhana dengan 2 Transistor
Skema Audio Mixer dengan 2 Transistor

Audio mixer pada skema di atas hanya menggunakan 2 buah transistor umum yang sangat banyak di pasaran dengan harga yang murah. Jika sobat memiliki transistor NPN jenis lain, silahkan saja dicoba. Saya pernah mencobanya dengan tipe lain misalnya C828, C829 dll, hasilnya sama saja.

C945
Pinout Transistor C945

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *