Skema Hi-Fi Stereo Graphic Equalizer by Ronica SC-366

Pada sebuah sound system atau amplifier, belum lengkap rasanya jika tidak dipasang rangkaian pengatur nada ini. Jika perangkat audio kita ingin terdengar seperti suara hi-fi, rangkaian equalizer 5 channel merupakan spesifikasi minimal yang harus hadir. Skema rangkaian equalizer ini adalah skema lawas produk dari produsen PCB ternama, yakni Ronica. Walaupun sudah jadul, rangkaian equalizer dengan IC LA3600 ini hingga kini masih populer dan banyak dipakai.

Equalizer adalah rangkaian tone control yang membagi frekuensi suara pada beberapa kanal dan kemudian diatur disesuaikan sesuai keinginan dengan menggunakan beberapa buah potensiometer pengatur nada. Nada yang dapat diatur pada rangkaian equalizer 5 band ini yakni nada trebel, middle treble, middle, middle bass dan bass. Jadi kita memerlukan 5 buah potensiometer pengatur nada untuk channel mono, dan 10 buah potensiometer untuk channel stereo.

Equalizer umumnya dipasang sebelum rangkaian penguat akhir atau power amplifier. Untuk skema pemasangan equalizer dapat digambarkan sebagai berikut:

AUDIO INPUT => EQUALIZER => POWER AMPLIFIER => SPEAKER

atau jika kita hendak memasang rangkaian loudness, giga bass, atau galaxy:

AUDIO INPUT => GIGA BASS / GALAXY => EQUALIZER => POWER AMPLIFIER => SPEAKER

Coba perhatikan skema equalizer stereo 5 channel produk dari Ronica SC-366 di bawah ini:

Hi-Fi Stereo Graphic Equalizer by Ronica SC-366
Hi-Fi Stereo Graphic Equalizer by Ronica SC-366

Komponen aktif yang digunakan hanyalah 2 buah IC LA3600 untuk 2 channel alias stereo 1 buah transistor sebagai regulator catu daya, beberapa buah dioda dan LED. Catu daya DC yang digunakan sebaiknya dipisah dari trafo untuk power amplifier supaya tidak terjadi kekurangan arus listrik, terlebih jika power amplifier yang digunakan memiliki daya yang besar.

Equalizer ini cocok menggunakan potensiometer jenis geser. Namun jika sulit didapatkan, kita juga bisa menggunakan potensiometer jenis putar biasa.

IC LA3600
Pinout IC LA3600

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *