Skema Tape Mobil Stereo Low Noise IC LA4440 by Ronica SC-088L

Salah satu skema tape mobil stereo yang menurut saya cukup baik dan simpel adalah tape mobil dengan IC LA4440 sebagai power amplifiernya. Tape mobil ini cukup keras jika dihubungkan pada speaker mobil atau speaker active maksimal 8 inch. Tape mobil ini hanya menggunakan 2 buah IC, yakni IC M5152L sebagai pre-amp head atau penguat head-nya, dan IC LA4440 sebagai amplifiernya. Kedua buah IC ini hingga kini masih banyak yang jual dengan harga yang cukup terjangkau.

Coba perhatikan Skema Tape Mobil Stereo IC LA4440 by Ronica SC-088L pada gambar di bawah ini:

Skema Tape Mobil Stereo IC LA4440 by Ronica SC-088L
Skema Tape Mobil Stereo by Ronica SC-088L

Tape mobil sangat populer digunakan pada masa lalu, sebelum datangnya CD player dan MP3 player (era digital). Pada sekitar tahun 2000an ke bawah, sarana hiburan di mobil umumnya adalah radio dan tape mobil ini. Tak lengkap rasanya jika pada sebuah mobil tidak dilengkapi dengan sarana hiburan berupa player musik. Semakin ke sini, keberadaan tape mobil pemutar kaset ini sudah menjadi barang langka, walaupun masih ada beberapa orang yang tetap menggunakannya pada mobil mereka.

Tape Mobil Stereo IC LA4440 buatan Ronica ini cukup sederhana dan mudah dirakit. Selain untuk tape di mobil, kita juga bisa membuatnya untuk sarana hiburan di rumah, misalnya untuk memainkan pita kaset jadul kesayangan kita. Untuk catu daya, kita membutuhkan tegangan 12 volt DC yang bisa kita dapatkan dari aki ataupun adaptor. Jangan lupa untuk memasang pendingin yang memadai pada komponen IC LA4440 karena akan menghasilkan panas saat bekerja.

Pinout IC M5152L
Pinout IC M5152L
Pinout IC LA4440
Pinout IC LA4440

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *