Skema Regulator DC Stabil 12 Volt Arus Besar IC 7812

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan sebuah skema regulator DC legendaris yang cukup simpel namun hasilnya sangat bersih dan stabil. Tak lain ini adalah skema power supply tegangan tetap 12 volt dengan IC regulator yang sangat populer yakni 7812. Tegangan 12 volt merupakan voltase yang paling sering digunakan untuk mencatu macam-macam rangkaian elektronika pada saat sekarang ini. Maka sebagai penghobi elektronika, kita wajib memiliki sebuah power supply 12 volt yang stabil dengan kuat arus yang memadai sesuai kebutuhan.

Mungkin bagi sobat yang suka oprak-oprek elektronika, IC LM 7812 ini sudah tidak asing lagi karena memang rangkaian ini cukup mudah dibuat, sangat simpel dan biayanya cukup murah. IC 7812 adalah IC regulator tegangan positif yang bisa digunakan untuk regulator DC simetris maupun non-simetris. Untuk catu daya simetris, biasanya digunakan bersama dengan pasangannya yakni IC 7912 untuk regulator tegangan negatif.

Selain mudah dibuat dan murah harganya, IC 7812 ini mampu mengeluarkan arus DC yang cukup besar yaitu hingga 1 Ampere. Adapun jika ingin menambah kekuatan arusnya, kita bisa menambahkan satu atau beberapa transistor daya yang dipasang secara pararel, misalnya transistor daya jenis NPN, yakni 2N3055, atau TIP3055.

Untuk sekema dan penjelasan lebih rinci, silahkan sobat perhatikan gambar di bawah ini:

Regulator DC Stabil Tegangan Tetap 12 Volt 7812
Regulator DC Stabil Tegangan Tetap 12 Volt

Skema di atas dapat mengeluarkan arus listrik DC stabil hingga 3 Ampere lho. Dan jika sobat ingin memiliki regulator dengan arus yang lebih besar lagi, maka harus menggunakan komponen yang memadai juga, misalnya sebagai berikut:

  1. Trafo daya, misalnya 3A, 5A, 10A, 15A, 20A dst, tergantung kebutuhan arus output yang ingin dihasilkan
  2. Kapasitas elco yang memadai. Misalnya saja untuk trafo 5A, kita memerlukan minimal 1 buah elco dengan kapasitas 6800uF atau lebih besar dari itu. Untuk trafo 10A, minimal 20,000uF atau lebih dari itu.
  3. Dioda yang dipakai juga haruslah diperhatikan dan disesuaikan dengan arus keluaran dari trafonya. Misalnya saja untuk trafo 5A, sebaiknya dipasang minimal dioda 6A atau yang mampu mengalirkan arus yang lebih besar dari maksimal arus dari transformator.
  4. IC 7812 dan transistor daya harus dipasang pada plat pendingin yang memadai karena akan menghasilkan panas saat bekerja.
  5. Transistor daya (2N3055 / TIP3055) boleh dipasang pararel (2 buah hingga 8 buah), dengan menambahkan resistor kapur 5 watt pad setiap kaki kolektor atau emitor transistor tersebut. Misalnya saja untuk trafo 5A, transistor daya yang dipakai jumlahnya minimal 2 buah, sedangkan untuk trafo 10A, bisa ditambah menjadi 4 – 8 buah transistor daya.

Dengan komponen pendukung yang memadai seperti yang telah diuraikan di atas, maka kita bjsa memiliki sebuah regulator tegangan tetap 12 volt yang stabil, bersih, dan mampu menghasilkan arus listrik yang besar sesuai keinginan.

7812
Pinout IC Regulator 7812
2N3055
Pinout Transistor Final 2N3055

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *