Skema Rangkaian Suara Pistol & Alarm dengan Transistor By Ronica SC-154

Skema rangkaian elektronik ini menghasilkan tiruan suara pistol dan juga alarm yang cukup keras walau hanya ditenagai dengan tegangan DC 3 volt (2 buah baterai 1.5 volt) saja. Rangkaian suara pistol dan alarm ini bisa digunakan untuk mainan anak ataupun rangkaian alarm dengan menghubungkan rangkaian ini ke plat sentuh atau sensor cahaya seperti LDR.

Rangkaian suara pistol dan alarm ini hanya menggunakan 6 buah transistor yang cukup mudah ditemukan di pasaran. Kita juga bisa menggunakan transistor jenis lain yang sejenis.

Skema Rangkaian Suara Pistol & Alarm dengan Transistor By Ronica SC-154
Skema Suara Pistol & Alarm By Ronica SC-154

Untuk mengatur tinggi rendahnya suara (frekuensi), kita bisa dengan memutar potensiometer atau trimpot VR1, sedangkan untuk mengatur cepat lambatnya suara, kita bisa mengaturnya dengan mengubah posisi sakelar S1. Sementara untuk mengubah antara suara pistol atau alarm, kita bisa mengubah posisi sakelar S2 (slide switch). Lampu LED D1 akan terus berkedip seiring irama saat rangkaian ini dinyalakan.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Rangkaian suara pistol dan alarm dengan transistor ini adalah rangkaian jadul dan legendaris. Saya dulu membeli PCB rangkaian ini pada tahun 2000-an. Untuk saat ini, mungkin PCB nya sudah tidak diproduksi lagi atau mungkin ada perubahan pada komponennya. Semoga bermanfaat buat kamu yang sedang belajar elektronika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *