Skema Pemancar Fm 12 Watt Final C1971

Pada artikel kali ini saya akan membagikan salah satu skema rangkaian elektronik yang saya sukai. Boleh dibilang, saya hobi banget kalo sudah ngutak-ngatik yang namanya pemancar radio. Skema yang akan saya tulis di sini adalah skema pemancar radio Fm 12 watt dengan final transistor C1971 yang sangat populer pada zamannya dan bahkan hingga saat ini. Selain komponennya yang murah dan mudah didapat, pemancar ini pun mampu menghasilkan daya output yang cukup besar terutama untuk pemula, yakni sekitar 12 watt. Daya sebesar itu bila dirakit dengan baik dan dengan tiang antena yang tinggi, bisa untuk siaran radio di dalam kota / kabupaten dan bahkan sampai ke luar kota dengan kualitas sinyal yang baik.

Sedikit bercerita, dahulu pada saat saya masih duduk di bangku SMP, yaitu sekitar awal abad millenium atau tahun 2000an, pemancar Fm ini sangatlah digandrungi lho, terutama untuk para brikers. Pada masa itu belum banyak orang yang memiliki HP, dan HP pada masa itu tidaklah secanggih HP jaman sekarang. Oleh karena itu, cara berkomunikasi jarak jauh yang paling seru dan sering dilakukan yaitu melalui interkom atau ngebrik di jalur radio Fm.

Pada saat itu saya lebih memilih ngebrik di jalur Fm ketimbang melalui interkom. Menurut saya, selain biayanya yang lebih mahal, ngebrik lewat interkom pun dirasa cukup ribet, dimana kita mesti menyediakan kabel untuk jalur yang terhubung satu sama lain. Ribet juga kalo suatu saat ada gangguan jalur, entah itu kabel putus, ketiban pohon, atau ulah orang yang iseng yang sengaja mutusin jalur. Dan itu sering terjadi di sini.

Suatu hari, kebetulan saya berkujung ke rumah uwak saya. Di sana ada saudara sepupu saya (saya manggilnya kakak) sedang bersama temannya melakukan sesuatu. Saya lihat dan saya tanya, ternyata mereka tengah merakit sebuah pemancar radio untuk siaran. Teman kakak saya itulah yang jago ngerakit pemancar radio. Setelah semuanya beres, mulailah mereka melakukan testing siaran. Pada saat itu nama radionya adalah “BOROBOT FM” yang mengudara pada frekuensi bawah sekitar 92 MHz.

Hari demi hari berlalu, ternyata siaran radio Fm kakak saya itu telah sampai dan didengar ke daerah-daerah lain di dalam kota. Akhirnya banyak sekali orang yang datang berkunjung ke studio untuk sekedar main atau membeli kertas “atensi” untuk kirim-kirim salam dan request lagu. Pada masa itu muter lagu masih menggunakan kaset pada tape lho, VCD pun belum terlalu populer karena belum mendukung format mp3.

Nah selain bermunculannya siaran stasiun radio amatir, banyak juga yang merakit pemancar Fm yang ditujukan hanya untuk komunikasi atau ngebrik. Salah satunya ya saya ini. Karena masih awam dengan yang namanya pemancar radio, pada saat itu saya pun meminta bantuan pada teman kakak saya merakitkan sebuah pesawat pemancar Fm untuk dipakai ngebrik. Akhirnya pemancar pun jadi, dan pada saat itu saya memakai antena jenis open dipole. Sinyalnya lumayan bagus dan bahkan sampai dengan baik ke kota lain / beda kabupaten.

Singkat cerita, iseng-iseng saya catat skema dan komponennya, takut jika suatu saat ada kendala maupun pengen bikin yang baru lagi. Dan berikut ini adalah skema pemancar Fm 12 watt dengan transistor final C1971 selengkapnya:

Skema Pemancar Fm 12 Watt Final C1971
Skema Pemancar Fm 12 Watt Final C1971

Skema pemancar di atas sebetulnya adalah skema TX pemancar mini Fm 88-108 MHz produksi dari Ronica yang dimodifikasi pada bagian drivernya dan kemudian ditambahkan booster transistor C1971. Dengan hanya 5 buah transistor saja, suara kita sudah bisa nongol di radio dengan jarak pancar yang cukup jauh.

Keterangan Lilitan (L):

  • L1 untuk Osilator: dibuat dengan kawat email diameter 0.4 mm yang dililitkan sebanyak 3 lilit pada koker inti ferit dengan diameter 5 mm
  • L2 dan L3: dibuat 5 lilit dengan kawat email diameter 0.7 mm, diameter lilitan 6 mm inti udara
  • L4: dibuat 8 lilit dengan kawat email diameter 1 mm, diameter lilitan 7 mm inti udara
  • L5 dan L6: dibuat 2 lilit dengan kawat email 1 mm, diameter lilitan 7 mm inti udara
  • RFC: dibuat dengan melilitkan kawat email 0.4 mm pada sepanjang badan sebuah resistor 100 Ohm 1/2 watt

Keterangan dan Fungsi Komponen:

  • OSC atau oscillator berfungsi untuk mengubah frekuensi radio, dari 88-108 MHz, yaitu dengan cara memutar inti ferit pada koker L1
  • VC1 berupa kapasitor trimmer yang berfungsi untuk menyaring sinyal driver sebelum masuk ke final
  • VC2 berupa kapasitor trimmer yang berfungsi untuk menyaring sinyal booster untuk mendapatkan sinyal paling besar yang diteruskan ke antena

Catatan:

  • Sebaiknya gunakan kapasitor trimmer yang berkualitas yang berbahan keramik atau besi, jangan yang murah dan berbahan plastik karena akan panas atau meleleh. Untuk VC1 kita bisa menggunakan trimmer ukuran menengah (0-30 pF), atau bisa dengan trimmer besi (misalnya trimmer dandang atau trimmer meja) ukuran kecil. Untuk VC2 kita juga menggunakan trimmer besi dengan ukuran lebih besar (0-60 pF)
Trimmer besi / timmer dandang
Contoh Trimmer Besi / Trimmer Dandang
  • Untuk transistor C2053 dan C1971 sebaiknya diberikan pendingin / heatsink yang memadai karena akan menghasilkan panas, apalagi kalau dipanteng digunakan untuk siaran

Komponen Pendukung Lainnya:

  • Antena: Untuk hasil terbaik, gunakan antena dengan tipe open dipole, yagi atau ground plane yang ukurannya disesuaikan dengan frekuensi pemancarnya. Pada saat itu karena saya maennya di frekuensi bawah, saya membuat antena jenis open dipole dengan panjang elemen atas dan bawah yang sama yakni 75 cm.
  • Kabel Antena: Untuk hasil maksimal, gunakan kabel antena berkualias yang khusus untuk pemancar radio dengan inti tembaga yang besar dan serabut samping yang banyak. Kabel pemancar yang populer misalnya Kabel RG8.
  • Trafo Daya: Gunakan trafo daya minimal 5 ampere dengan regulator DC yang baik, supaya menghasilkan arus listrik yang bersih dan stabil agar tidak menimbulkan noise atau dengung pada pemancar. Klik disini untuk melihat contoh rangkaian power supply.

Daftar Transistor Yang Digunakan:

C930
Pinout Transistor C930
C2053
Pinout Transistor C2053
C1971
Pinout Transistor Final C1971

Untuk sobat yang ingin membeli komponen, kit jadi siap pasang maupun PCB-nya, coba cek saja di toko online masih banyak yang jual kok, misalnya di Shopee:

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.