Skema Parametric Equalizer dan Fungsinya by Ronica SC-257

Bagi sobat yang ingin merakit rangkaian equalizer tapi males membeli atau memasang banyak potensiometer untuk pengatur frekuensi audio, equalizer parametris ini adalah solusinya. Equalizer parametris menggunakan lebih sedikit potensiometer, akan tetapi bisa mewakili pengaturan beberapa octave suara seperti yang terdapat pada equalizer grafis.

Kenyataan menunjukkan bahwa untuk mencapai hasil yang optimal, satu buah equalizer grafis membutuhkan paling sedikit 20 buah kontrol pembagi frekuensi audio atau pengatur nada audio. Hal ini akan menghasilkan noise (berisik, desis dan derau) menjadi lebih besar pada outputnya, serta membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Parametric equalizer adalah kombinasi 3 jenis filter yang memiliki 3 buah parameter, dimana ketiganya dapat divariasikan dengan hanya 1 buah pengatur nada. Ketiga parameter ini (octave, gain dan Frequency) diatur oleh beberapa potensiometer putar yang jumlahnya relatif lebih sedikit daripada equalizer grafis. Hal itu akan membuat biayanya lebih murah.

Kelebihan lain dari equalizer parametris ini adalah lebih bisa meredam gangguan akibat interferensi dari sinyal radio, apalagi jika digunakan untuk siaran (broadcast). Selain itu, penggunaan paramentric equalizer akan membuat respon frekuensi pada peralatan Hi-Fi biasa bisa menjadi setaraf dengan yang canggih.

Berikut adalah Skema Parametric Equalizer by Ronica Tipe SC-257:

Skema Parametric Equalizer dan Fungsinya by Ronica SC-257
Skema Parametric Equalizer by Ronica Tipe SC-257

Untuk sobat yang ingin membeli kit jadi siap pasang maupun PCB-nya, coba cek saja di toko online masih banyak yang jual kok, misalnya di Shopee:

Pinout IC TL074 / TL084
Pinout IC TL074

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.