Cara Charge Baterai Li-ion / Li-po 3.7 V dengan Charger HP 5 V

Baterai jenis li-ion dan li-po adalah dua jenis baterai yang sangat populer digunakan pada masa sekarang ini. Kelebihan baterai jenis ini, selain mudah didapatkan, juga bisa diisi ulang (dicharge), sehingga dapat menghemat biaya pembelian baterai. Kelebihan lainnya, baterai jenis ini bisa dirancang dengan tegangan dan arus yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini kedua jenis baterai tersebut sudah disematkan pada berbagai macam perangkat elektronik, misalnya saja di HP, kamera digital, laptop, powerbank, radio, senter, dan masih banyak lagi.

Baterai jenis li-ion dan li-po pada dasarnya berfungsi sama saja. Baterai li-po sendiri adalah pengembangan dari baterai jenis li-ion yang dibuat lebih ramah lingkungan. Dari segi bentuk, baterai jenis li-po juga lebih fleksibel karena terbuat dari cairan / gel, sehingga bentuk baterai bisa dibuat sesuai kebutuhan.

Contoh baterai jenis li-ion yang cukup populer dan banyak beredar di pasaran adalah baterai tipe 18650 dengan tegangan 3.7 volt. Baterai jenis ini memang banyak dipakai pada macam-macam peralatan elektronik, sehingga ketersediaan di pasaran pun sangat banyak.

Baterai 18650 3.7 volt
Baterai Li-ion 18650 3.7 Volt

Selain baterai tipe 18650, banyak juga baterai jenis li-ion lainnya, misalnya saja yang bentuknya kotak tipis, yang menyerupai accu mini, atau sering disebut baterai aki.

Perangkat charger untuk baterai jenis li-ion atau li-po 3.7 volt ini dibuat khusus lho. Kita tidak bisa langsung ngecas baterai ini dengan charger HP 5 volt, kecuali baterai tersebut memang sudah berada atau dipakai di dalam perangkatnya dan bisa langsung dicas dengan charger USB 5 volt. Karena di dalam perangkatnya sendiri biasanya sudah ada modul penurun tegangan untuk mengisi baterainya.

Umumnya tegangan yang dipakai untuk mengisi ulang baterai jenis li-ion atau li-po adalah antara 4.1 – 4.2 volt. Lebih dari itu, biasanya akan menyebabkan baterai panas dan cepat rusak. Nah, pada postingan kali ini, saya akan membagikan sebuah skema rangkaian charger baterai li-ion atau li-po 3.7 volt dengan tegangan yang berasal dari charger HP 5 volt.

Coba perhatikan skema di bawah ini:

Skema Charger Baterai 3.7 Volt 1 Transistor
Skema Charger Baterai 3.7 Volt 1 Transistor

Rangkaian charger baterai 3.7 volt ini sangatlah sederhana, kita hanya memerlukan sebuah transistor daya yang murah dan banyak ditemukan di pasaran. Prinsip kerja dari rangkaian di atas adalah menurunkan tegangan listrik yang berasal dari charger HP, yaitu dari 5 volt ke tegangan sekitar 4.2 volt, sehingga lebih aman dipakai untuk mengisi ulang baterai 3.7 volt.

Untuk pemasangan rangkaian ini adalah sebagai berikut: CHARGER HP 5 VOLT >> RANGKAIAN CHARGER >> BATERAI 3.7 VOLT.

Dengan dibuatnya rangkaian ini, kita tidak perlu lagi membeli charger khusus untuk mengisi ulang baterai 3.7 volt. Terus terang, saya sampai sekarang masih menggunakan rangkaian ini untuk mengisi ulang baterai 18650 dan baterai bekas HP, dan saya rasa rangkaian ini cukup awet serta tidak menimbulkan panas yang berlebihan. Jangan lupa untuk memasang pendingin atau heatsink pada transistornya supaya lebih awet.

2SD313
Pinout Transistor 2SD313

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Untuk sobat yang ingin membeli charger untuk baterai 3.7 volt ini, coba cek saja di toko online banyak yang jual kok, misalnya di Shopee:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.