Skema Audio Mixer LM741 Plus Tone Control 3 Channel by Oriental AP-140

Satu lagi skema rangkaian audio mixer atau pencampur audio dengan menggunakan IC LM741 yang cukup berkualitas adalah audio mixer by Oriental AP-140. Kelebihan rangkaian ini adalah memiliki 3 pengatur nada sekaligus (tone control 3 channel), yaitu pengtur nada rendah (bass), nada menengah (middle) dan nada tinggi (treble). Mixer ini juga dilengkapi dengan skema penguat VU Meter yang berfungsi sebagai indikator keras lemahnya suara.

Audio mixer umumnya digunakan untuk mencampurkan beberapa channel audio dari berbagai sumber (AUX). Misalnya saja dari mikropon, musik dari tape / HP, pemutar kaset, USB, bluetooth dll, sehingga output yang dihasilkan akan tetap keras, jernih, rendah noise dan tidak bertabrakan.

Berikut adalah Skema Rangkaian Audio Mixer IC LM741 by Oriental AP-140:

Skema Audio Mixer LM741 by Oriental AP-140
Skema Audio Mixer LM741 by Oriental AP-140

Pada skema di atas dapat dilihat rangkaian mixer ini hanya menggunakan 1 buah transistor dan 1 buah IC, serta 2 buah transistor sebagai penguat VU. Jika kita hanya membutuhkan rangkaian mixernya saja, maka untuk penguat VU tidak perlu dibuat, karena tidak akan mempengaruhi kinerjanya.

Contoh kongkrit penggunaan audio mixer misalnya pada sistem karaoke, yakni menggabungkan suara vokal yang berasal dari mic dengan suara musik dari line-in atau aux, atau mungkin dengan suara alat musik seperti piano atau gitar. Namun jika kita hanya memerlukan 1 buah input saja, rangkaian mixer ini tidak dibutuhkan.

Audio Mixer LM 741 Plus 3 Band Tone Control
Pinout IC LM741

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Untuk sobat yang ingin membeli kit jadi siap pasang maupun PCB-nya, coba cek saja di toko online masih banyak yang jual kok, misalnya di Shopee:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.