Dimanakah Letak Sorga dan Neraka Sesungguhnya?

Oke dalam artikel ini saya akan menjawab pertanyaan dimanakah sesungguhnya letak sorga dan neraka di akhirat nanti? Ini cukup menarik untuk disimak.

Saya pernah mendengar bahwa nanti di akhirat manusia itu disuruh berjalan di atas SIROT (jembatan ash-Shirath) yang besarnya seperti sehelai rambut dibagi 7.


Nah terus katanya kalo lulus nyeberang, maka kita akan sampai ke sorga, dan sebaliknya kalo terjatuh, maka kita akan masuk ke neraka.


Jadi dalam pikiran saya, dapat digambarkan seperti ini:


Anggaplah Padang Mahsyar itu PLANET BUMI, terus Sorga itu BULAN atau mungkin PLANET LAIN dan Neraka itu BINTANG (MATAHARI). Ngomong-ngomong, pernah denger MATAHARI katanya ada 7 buah di akhirat nanti dan jaraknya sangat dekat.


Nah, setelah diadili di Padang Mahsyar, akhirnya manusia disuruh nyebrang tuh dari PLANET BUMI ke SORGA (dalam gambaran saya yaitu BULAN) melalui SIROT tadi. Nyebranglah kita nanti. Ada yang jalan biasa, berlari, gelantungan, merangkak dll tergantung amalan saat di dunia. Malah katanya ada yang naik sapi, unta, atau kambing karena saat di dunia pernah berqurban di hari raya Idul Adha.


Singkat cerita, bagi orang-orang yang beriman dan beramal soleh, perjalanan dari bumi ke bulan (sorga) tidaklah susah. Mereka pun sampai, dan di sana sudah ada satpam sorga yang ramah (malaikat Riduan) yang membagi-bagi rumah atau kompleks sorga sesuai dengan amalannya. Misal untuk para nabi nanti berada di kompleks Firdaus, dst.


Nah kembali lagi ke SIROT. Saat itu tentu masih banyak manusia yang berjuang nyeberang SIROT (bayangin aja sejak jaman Adam sampai kiamat, tentu ada puluhan milyar bahkan lebih manusia). Nah, celakalah bagi orang-orang kafir, mereka akan terjatuh dari SIROT, dan tertarik oleh gravitasi NERAKA, yaitu 7 buah MATAHARI atau bintang tadi. Jadilah mereka penghuni neraka dan bertemu dengan penjaga bengis, yaitu malaikat Jabaniyah.


Makanya disebutkan nanti di akhirat ada 7 BUAH NERAKA: Jahannam, Lazha, Huthamah, Sa’ir, Jahim, Saqar dan Hawiyah. Dan kalo dikaitkan dengan 7 buah MATAHARI tadi ada korelasinya lho.


Begitulah gambaran yang ada di pikiran saya, karena saya pernah mendengar dalam sebuah pengajian bahwa MANUSIA itu HIDUP, MATI dan DIBANGKITKAN LAGI semuanya di BUMI. Jadi nanti di akhirat, padang mahsyar itu ya di bumi ini juga. Mohon dikoreksi jika ada pernyataan yang salah.

Wallohualam bissawab. Hanya Alloh Yang Maha Mengetahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *