Skema High Stability Variable Power Supply 9-17V / 10A by Saturn PS-010

Power supply adalah modul vital dan komponen utama dalam peralatan elektronik. Peralatan elektronik beserta komponennya tidak akan berjalan tanpa adanya catu daya atau power supply. Power supply adalah sebuah modul yang menyediakan daya atau power, dalam hal ini energi listrik, baik itu berasal dari baterai, panel surya, trafo, maupun langsung dari listrik PLN.

Secara khusus, power supply adalah serangkaian komponen elektronik yang bertugas menyaring / filter, serta memberikan daya listrik secara terus-menerus ke modul lainnya dalam suatu perangkat elektronik. Oleh karena tugasnya yang amat penting ini, maka keberadaan power supply yang baik, stabil, bersih dan berkualitas tentunya harus diutamakan.

Arus listrik yang stabil dan bersih akan membuat rangkaian elektronik lainnya bekerja optimal dan minim gangguan. Sedangkan jika tidak, maka akan menghasilkan noise dan distorsi yang biasanya berupa dengung yang diakibatkan oleh arus listrik yang kurang bersih.

Di bawah ini adalah salah satu rangkaian konvensional power supply produk dari Saturn Electronics: PS-010 yang cukup berkualitas. Kelebihan rangkaian power supply ini adalah dapat menghasilkan arus listrik yang besar dan bersih hingga 10 ampere (tergantung trafo yang digunakan), serta tegangan ouput yang bisa diatur sesuai keinginan (variabel), yaitu dari mulai 9 volt hingga 17 volt.

Saya katakan ini adalah rangkaian konvensional, dikarenakan pada saat sekarang ini umumnya modul power supply sudah berbasis trafo switching alias SMPS. Namun karena kemudahan dalam merakit rangkaian ini jika dibandingkan dengan SMPS, maka power supply ini masih banyak digunakan hingga saat ini.

Coba perhatikan skema High Stability Power Supply 9-17V / 10A produk dari Saturn Electronics di bawah ini:

Skema High Stability Power Supply 9-17V / 10A
Skema High Stability Power Supply 9-17V / 10A

Skema power supply di atas menggunakan sebuah IC sebagai otaknya, yakni IC LM723 yang sangat populer dalam rangakaian regulator tegangan variabel (voltage regulator). IC dengan 14 pin ini sangat banyak dijual di pasaran dari berbagai macam merek dengan harga yang murah.

LM723
Pinout Ic LM723 Voltage Regulator

Karena arus listrik yang keluar dari IC LM723 ini masih sangat kecil, maka perlu ditambahkan beberapa transistor daya sebagai penguat arus, yakni TR1, TR2 dan TR3. Untuk arus 10 ampere, sebaiknya TR2 dan TR3 (2N3055) dipasang secara pararel minimal 4 buah supaya arus yang dihasilkan lebih besar dan mengurangi panas berlebih dari transistor tersebut. Pasanglah pendingin (heatsink) yang memadai pada transistor daya supaya lebih awet dan tidak cepat jebol.

Untuk mengubah tegangan output, aturlah VR1 hingga mendapatkan voltase yang diinginkan. Rangkaian ini bisa dipasang tak hanya pada trafo daya 10 ampere saja, kita juga bisa menggunakannya pada trafo 3A atau 5A, dengan arus keluaran akan menyesuaikan dengan trafo yang dipakai tadi.

Jika sudah memiliki rangkaian power supply ini, maka kita bisa menggunakannya untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk menghidupkan amplifier, radio, tape, serta peralatan elektronik lainnya yang bisa dicatu dengan tegangan antara 9 volt hingga 17 volt, dan bahkan untuk charger accu. Berguna sekali bukan?

2N3055
Pinout Transistor Final 2N3055

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.