Skema Pemancar FM 5 Watt Final C1970

Jika sebelumnya saya pernah menulis tentang Skema Pemancar FM 12 Watt Final C1971, pada postingan ini saya akan membagikan sebuah skema pemancar FM dengan daya 5 watt yang menggunakan final atau booster C1970. Kedua transistor di atas merupakan adik kakak produksi dari Mitsubishi Electronic, yang keduanya merupakan transistor penguat RF dan sama-sama bekerja pada frekuensi tinggi (VHF).

Pada masa lalu saat sedang marak-maraknya ngebrik di jalur FM, setidaknya ada 5 jenis pesawat pemancar yang sering dibuat oleh para brikers. Mereka membuat pemancar Fm disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semakin besar daya pancarnya, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin tinggi. Kelima jenis pemancar itu antara lain: Pemancar Mini Fm (TX) (3-5 watt), Pemancar Fm final C1970 (5 watt), Pemancar Fm final C1971 (12 watt), Pemancar Fm final C1972 (25 watt) hingga Pemancar Fm final C1946 (50 watt). Lebih dari itu biasanya sayang jika hanya dipakai ngebrik, mereka biasa menggunakannya untuk siaran radio atau broadcast, misalnya saja Pemancar Fm dengan final C2630 dengan daya 75 – 100 watt.

Berikut adalah Skema Pemancar Fm 5 Watt dengan Fiinal Transistor C1970:

Skema Pemancar FM 5 Watt Final C1970
Skema Pemancar FM 5 Watt Final C1970

Pada skema di atas dapat dilihat, bahwa pada bagian driver dan osilator adalah skema dari pemancar mini Fm yang sedikit dimodifikasi agar impedansi outputnya bisa sesuai dengan input transistor C1970. Jadi untuk merakit pemancar ini, kita hanya perlu membuat PCB untuk menaruh transistor C1970 saja, sedangkan untuk yang lainnya kita bisa membeli PCB pemancar mini Fm, misalnya dari produk Ronica atau Saturn. Atau jika ingin lebih rapi lagi, kita juga bisa membuat PCB-nya secara keseluruhan.

Keterangan Lilitan (L):

  • L1 untuk Osilator: dibuat dengan kawat email diameter 0.4 mm yang dililitkan sebanyak 3 lilit pada koker inti ferit dengan diameter 5 mm
  • L2 dan L3: dibuat 5 lilit dengan kawat email diameter 0.7 mm, diameter lilitan 6 mm inti udara
  • L4: dibuat 8 lilit dengan kawat email diameter 1 mm, diameter lilitan 7 mm inti udara
  • L5 dan L6: dibuat 2 lilit dengan kawat email 1 mm, diameter lilitan 7 mm inti udara
  • RFC: dibuat dengan melilitkan kawat email 0.4 mm pada sepanjang badan sebuah resistor 100 Ohm 1/2 watt

Gunakanlah kapasitor trimmer berkualitas dan berbahan keramik atau besi, jangan yang murah atau berbahan plastik karena akan panas atau meleleh. Untuk VC1 kita bisa menggunakan trimmer ukuran menengah (0-30 pF), atau bisa dengan trimmer besi (misalnya trimmer dandang atau trimmer meja) ukuran kecil. Untuk VC2 kita juga menggunakan trimmer besi dengan ukuran lebih besar (0-60 pF).

Pasanglah pendingin / heatsink yang memadai pada transistor C2053 dan C1970 karena akan menghasilkan panas, apalagi kalau dipanteng digunakan untuk siaran

Untuk daya pancar C1970 ini biasanya hanya menjangkau dalam kota saja. Namun jika antena yang dipasang cukup tinggi dan matching disertai dengan penggunaan kabel antena yang baik, maka daya pancarnya bisa lebih jauh lagi.

Komponen Tambahan:

Beberapa komponen pendukung lainnya yang dibutuhkan supaya pemancar ini bekerja secara optimal antara lain:

1. Power Supply

Power supply yang digunakan haruslah power supply yang bersih dan teregulasi yang memiliki tegangan output stabil 12 volt, dengan trafo daya minimal 3 Ampere.

2. Antena

Antena yang digunakan biasanya ada 3 jenis, yakni tipe open dipole, ground plane dan antena pengarah atau yagi. Untuk tinggi antena minimal 5 meter, dan jika lebih dari itu, daya pancarnya akan lebih jauh lagi.

3. Kabel Antena

Kabel yang dipakai juga harus menggunakan kabel coaxial yang baik dan berkualitas supaya tidak mengurangi daya pancar serta tidak bocor. Kabel yang baik biasanya memiliki inti tembaga yang besar dengan kabel serabut yang banyak. Misalnya saja kabel yang sering digunakan adalah jenis RG8.

Mungkin cukup sekian saja artikel tentang Pemancar Fm dengan final C1970 ini. Jangan lupa lihat artikel atau skema lainnya di blog ini ya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Untuk sobat yang ingin membeli kit jadi siap pasang maupun PCB-nya, coba cek saja di toko online masih banyak yang jual kok, misalnya di Shopee:

Pinout Komponen:

C930
Pinout C930
C2053
Pinout C2053
C1970
Pinout Transistor Final C1970

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.