Skema Tone Control Sederhana 1 Transistor Kualitas Equalizer

Jika biasanya rangkaian tone control yang beredar di pasaran (baik itu berupa PCB atau rangkaian yang siap pakai) menggunakan komponen aktif 2 buah transistor dan ada beberapa juga yang memakai IC, pada postingan ini saya akan membagikan sebuah rangkaian tone control paling sederhana yang hanya menggunakan satu buah transistor saja.

Selain irit komponen, jalur PCB yang dibuat untuk tone control 1 transistor ini pun lebih sedikit dan tidak rumit. Walaupun demikian, kualitas audio yang dihasilkan oleh rangkaian tone control ini tidak kalah dengan kualitas audio dari rangkaian tone control lain yang menggunakan lebih banyak komponen aktif. Bahkan boleh dibilang mirip kualitas audio dari equalizer, hanya berbeda jumlah pengaturan frekuensinya saja.

Sebagaimana kita ketahui dalam sebuah sound system dan amplifier, keberadaan rangkaian tone control adalah spek minimal yang wajib ada untuk menghasilkan suara HiFi yang enak didengar. Fungsi tone control sendiri pada intinya adalah untuk mengatur (menambah atau mengurangi) frekuensi nada rendah (bass) dan nada tinggi (treble), sehingga audio atau musik yang keluar dari speaker menjadi lebih enak didengar sesuai selera penggunanya.

Rangkaian tone control 1 transistor ini terlihat simpel dengan tidak mengurangi fungsi utamanya yaitu sebagai pengatur nada bass dan treble. Berikut skema tone control sederhana dengan satu buah transistor.

Skema Tone Control 1 Transistor Kualitas Equalizer
Skema Tone Control 1 Transistor Kualitas Equalizer

Pada skema di atas, dapat kita lihat bahwa sinyal audio input yang masuk akan langsung diteruskan ke bagian pengaturan nada, yaitu VR1 untuk bass dan VR2 untuk treble. Di sinilah letak perbedaan rangkaian ini dengan tone control lain yang menggunakan 2 transistor.

Setelah VR1 dan VR2 disetel untuk mendapatkan nada yang tepat, sinyal audio yang masih lemah akan diteruskan ke basis transistor Q1 untuk diperkuat sehingga cukup untuk diumpankan ke bagian input amplifier melalui kolektor Q1.

Untuk tipe transistor yang digunakan dalam rangkaian tone control ini adalah 2SC828, yaitu jenis transistor universal NPN atau TUN untuk daya rendah yang sangat banyak beredar di pasaran dengan harga murah meriah. Kita juga bisa menggunakan transistor NPN tipe lain yang sejenis, misalnya C829, C9014, C945, C717 dll.

Lihat juga: Skema Tone Control 2 Transistor

C828
Pinout Transistor C828

Oh ya, sampai saat ini saya masih menggunakan rangkaian tone control 1 transistor skema di atas. Saya memasangnya pada bok radio Fm Tuner saya dengan penguat akhir power amplifier 30 Watt, dan saya tidak kecewa dengan hasilnya. Semoga bermanfaat.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.