Skema Super Galaxy 2 Transistor by Ronica SC-368

Halo sobat pembaca! Setelah sebelumnya saya pernah posting tentang Fungsi Galaxy pada Sebuah Amplifier atau Sound System, pada artikel kali ini saya tidak akan membahas secara detail fungsi dari Galaxy ini kembali. Namun saya hanya akan membagikan sebuah skema Super Galaxy yang sangat populer pada zamannya dan bahkan hingga saat ini.

Skema Super Galaxy ini masih menggunakan transistor, dan skemanya pun tidak terlalu rumit serta komponennya mudah didapatkan. Hanya dengan menggunakan 2 buah transistor untuk rangkaian mono dan 4 buah transistor untuk rangkaian stereo, kita bisa membuat sebuah rangkaian penambah nada bass dan treble pada sistem amplifier yang kita miliki.

Secara umum, fungsi galaxy sendiri adalah sebagai pembangkit nada rendah (bass) dan nada tinggi (treble). Dengan rangkaian galaxy, suara bass dan treble akan lebih terangkat dan lebih terasa, sehingga lebih jedug dan lebih ngeces.

Coba perhatikan skema Super Galaxy produksi Ronica SC-368 ini:

Skema Super Galaxy by Ronica SC-368
Skema Super Galaxy by Ronica SC-368

Komponen aktif yang digunakan pada rangkaian di atas hanya menggunakan 2 buah transistor tipe C829. Selain tipe tersebut, kita juga bisa menggunakan transistor tipe lain, misalnya C828, C945, C717 dll. Transistor yang dipakai adalah transistor universal NPN yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang murah.

Sebuah rangkaian galaxy pada amplifier sebaiknya dipasang di awal input sebelum tone control atau equalizer. Jadi kurang lebih seperti ini:

Input Audio >> Galaxy >> Equalizer >> Tone Control >> Power Amplifier >> Speaker

Untuk hasil maksimal, sebaiknya kita menggunakan minimal 2 buah speaker, yaitu 1 subwoofer dan 1 twitter.

Pinout Transistor 2SC829
Pinout Transistor 2SC829

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.