Skema Tape Mobil Stereo dengan Transistor by Ronica SC-098

Masih punya kaset untuk diputar di tape? Ini adalah skema pemutar kaset alias tape yang khusus untuk dipasang di mobil. Walaupun demikian, kita juga bisa menggunakannya di rumah untuk memutar pita kaset kesayangan kita. Skema tape mobil stereo produk Ronica ini adalah skema jadul legendaris yang populer pada tahun 90 – 2000an sebelum adanya flashdisk MP3 dan pemutar CD.

Pada jaman dulu, alat hiburan elektronik di mobil cuma ada 2, kalo tidak dengerin radio, ya muter kaset di tape mobil. Suara tape mobil kaset yang khas memang masih terngiang di telinga ini, bernostalgia ke masa lalu. Pada saat itu teknologi elektronik memang masih serba analog, belum menggunakan teknologi digital seperti sekarang ini. Tapi walaupun demikian, kita tetap enjoy dan merasakan keseruannya.

Ronica memang salah satu produsen PCB elektronik yang cukup banyak memproduksi macam-rupa rangkaian elektronik beserta PCB-nya. Ronica memproduksi PCB beserta skema dan daftar komponennya. Contoh PCB produk ronica antara lain pre-amp, mixer, tone control / equalizer, regulator, amplifier, pemancar radio, radio receiver, mainan bunyi-bunyian dan lampu, tape mobil, dan masih banyak lagi. Biasanya produk dari Ronica ini cukup mudah ditemukan di toko-toko elektronik, sehingga saya sendiri sering sekali membeli PCB beserta komponennya dan merangkainya sendiri.

Coba perhatikan skema tape mobil stereo produk dari Ronica SC-098 di bawah ini:

Skema Tape Mobil Stereo dengan Transistor by Ronica SC-098
Skema Tape Mobil Stereo dengan Transistor by Ronica SC-098

Sesuai dengan fungsinya, tape mobil ini terdiri dari pre-amp head yang bertugas menguatkan sinyal audio dari pita kaset yang dibaca head tape. Setelah itu dilanjut ke bagian kedua yakni pengatur nada (tone control), pengatur volume serta balance yang kemudian diteruskan ke bagian penguat akhir / amplifier yang terhubung dengan speaker mobil. Semua komponen aktif pada tape mobil ini menggunakan transistor dan memiliki output sekitar 30 watt.

Pada bagian catu daya, dipasang lilitan kawat email pada batang inti ferit. Ini bertujuan untuk mencegah distorsi atau gangguan dari sinyal-sinyal liar maupun gangguan dari mesin mobil terhadap rangkaian tape.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *