Skema Melody Alarm, Bel Musik 4 Lagu dengan MN6221

Masih ingat dengan IC MN6221? Mungkin sobat pernah melihatnya ataupun memiliki IC jenis ini. Ya, pada masanya dahulu, IC ini sering dipakai untuk membuat permainan bunyi-bunyian. Ada 4 irama atau lagu (melody) yang diprogram dalam IC MN6221 ini, yang semuanya dapat diputar secara berurutan.

Dulu pada tahun 2000an, komponen IC MN6221 ini harganya cukup mahal lho untuk saat itu. IC dengan 16 pin ini memang sering dipakai untuk membuat melody alarm ataupun bel pintu. Lagu yang dihasilkan oleh IC ini lumayan panjang-panjang dan juga enak untuk didengarkan.

Coba perhatikan skema melody alarm by Student Kit di bawah ini:

Skema Melody Alarm, Bel Pintu 4 Lagu dengan MN6221
Skema Melody Alarm, Bel Pintu 4 Lagu dengan MN6221

Otak dari rangkaian melody alarm di atas hanya menggunakan sebuah IC MN6221 saja. Karena output dari IC tersebut masih lemah untuk menggerakkan speaker, maka ditambahkanlah rangkaian penguat audio sekaligus mixer berupa 2 buah transistor, yakni TR1 dan TR2 sehingga suara lagu dari IC MN6221 dapat terdengar keras di speaker.

Saya kurang tahu sekarang IC ini masih ada di pasaran atau tidak, yang jelas pada saat saya SMA dulu, IC ini cukup mudah didapat di toko-toko elektronika bersama PCB-nya. Mungkin sobat harus mencarinya di toko-toko online, barangkali masih ada yang jual.

Akhir kata, semoga skema jadul ini bisa bermanfaat untuk sobat yang gemar oprak-oprek elektronika. Salam solder panas!

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.