Skema Super FM Tuner Stereo Anti Desis LA1260 LA3361 by Ronica

Setelah sebelumnya saya pernah memposting tentang Skema Radio Fm Tuner Generasi Baru, yaitu dengan penambahan beberapa komponen lain, pada postingan ini saya akan membagikan sebuah skema jadul bin lawas dari Ronica, yaitu Skema Super Fm Stereo Anti Desis.

Mengapa saya katakan ini jadul? Ya, karena skema ini dulu saya beli beserta PCB-nya sekitar tahun 2000an saat sedang ramai-ramainya ngebrik di jalur Fm. Saat itu, jika kita ngebrik menggunakan radio Fm tuner, maka penerimaannya menjadi lebih sensitif dan juga bisa dimodifikasi untuk menangkap sinyal radio di bawah 88 MHz. Karena dulu kita para brikers biasanya ngebrik di frekuensi antara 85-87 MHz supaya tidak mengganggu siaran radio resmi.

Pada kenyataannya, skema Fm Tuner yang saya bagikan ini merupakan salah satu rangkaian Fm tuner stereo yang paling sederhana. Bahkan jika kita hanya butuh radio mono, rangkaian ini cukup diisi komponen setengahnya saja tanpa menambahkan IC decoder LA3361.

Coba perhatikan Skema Radio Fm Tuner Stereo Anti Desis produk dari Ronica di bawah ini:

Skema Super FM Tuner Stereo Anti Desis
Skema Super FM Tuner Stereo Anti Desis

Karena dulu tujuan merakit radio ini adalah untuk ngebrik, maka saya menambahkan VU Meter pada kaki 8 IC LA1260. Guna dari VU Meter ini adalah untuk memudahkan kita menyamakan frekuensi dengan lawan bicara saat ngebrik. Saat kita memindahkan frekuensi pada pemancar Fm, maka jarum VU juga akan bergerak, dan jika jarum tepat berada di angka tertentu, menandakan frekuensi sudah sama. Kalo di sini istilahnya frekuensi sudah “seorbit” / “sarobit”. Selain untuk ngebrik, VU Meter ini juga berguna sebagai indikator saat fine tuning siaran radio lain.

Zaman terus berganti. Mungkin pada saat sekarang ini, radio Fm Tuner jenis ini boleh dikatakan barang antik, karena kita cukup sulit untuk membeli tuner untuk radio ini terutama yang baru, karena pabrik sudah tidak memproduksinya lagi. Tapi jangan berkecil hati, karena saya lihat masih banyak orang yang jual tuner radio fm jenis ini di toko-toko online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dll. Bahkan ada juga yang menjual kit jadi yang siap pakai. Boleh dibilang radio jadul Fm Tuner ini sangat melegenda karena kemampuan dan kualitasnya yang cukup baik dan juga penerimaan yang sensitif jika dibanding dengan radio portabel biasa.

IC LA1260
Pinout IC LA1260
IC LA 3361
Pinout IC LA3361

Untuk komponen lainnya, terutama IC dan transistor, hingga kini masih mudah didapat dan banyak dijual di toko-toko dengan harga yang murah.

Berikut akan saya lampirkan link toko yang masih menjual radio Fm Tuner dari Shopee:

Kit lengkap Fm Tuner Stereo Sensitif: https://shope.ee/9eiQwg6z1U

Kit lengkap Fm tuner stereo standar: https://shope.ee/6A8YmKQwwS

Kepala Fm tuner bekas: https://shope.ee/4Kgub01iGP, https://shope.ee/7pGmlV4N72, https://shope.ee/3V7nbZkjYm

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *