Skema Sirene 3 Suara dengan Transistor by Ronica SC-149

Nostalgia dulu ke masa lalu sekitar tahun 2000an saat saya sedang suka-sukanya oprak-oprek rangkaian elektronika. Sedikit bercerita, pada masa itu jumlah toko elektronik yang menjual aneka komponen serta PCB elektronika cukup banyak bertebaran di kota kecil saya ini. Ada 5-7 toko kalo gak salah. Mereka menjual aneka ragam komponen seperti transistor, IC, resistor, elko, dioda dll. Pada masa itu sih belum populer mosfet, yang saya tau cuma transistor dan SCR saja. Jadi kalo tidak ketemu sebuah komponen di toko A, kita biasanya nyari ke toko yang lainnya.

Salah satu pabrik pembuat PCB yang cukup populer saat itu yakni RONICA atau SIEMCOR ELECTRONICS IND. Produk PCB mereka selalu ada dijual pada setiap toko di tempat saya. Produknya pun beragam dan banyak sekali, semisal PCB amplifier,tape mobil, pemancar radio, bel musik, regulator DC, hingga permainan lampu dan bunyi-bunyian. Salah satunya ya PCB rangkaian Sirene Tiga Suara yang akan saya bagikan pada postingan kali ini.

Waktu pun berlalu, hingga sampai saat sekarang ini, sudah tidak ada satu pun toko yang masih menjual komponen elektronika. Toko-toko tersebut sebagian bangkrut, dijual, dan ada juga yang mengganti barang dagangannya dengan produk lain. Sungguh sedih. Ya, memang sekarang zamannya sudah berbeda. Merakit rangkaian elektronik dengan komponen konvensional memang dirasa sudah jadul karena sekarang sudah zaman serba chip dan modul yang lebih instan.

Oke, cukup sudah nostalgianya, sekarang kita akan coba bahas rangkaian Sirene 3 Suara by Ronica. Coba perhatikan skema di bawah ini:

Skema Sirene 3 Suara dengan Transistor by Ronica SC-149
Skema Sirene 3 Suara dengan Transistor by Ronica SC-149

Rangkaian di atas akan menghasilkan mainan bunyi-bunyian yang berbeda, yakni 3 suara serine, yang bunyinya dihasilkan dari pengisian serta pelepasan muatan elco C1, C2, C4 dan C5 yang kemudian diperkuat dengan beberapa buah transistor, hingga suaranya dapat terdengar melalui speaker (SP).

Rangkaian Sirene 3 Suara ini ditenagai oleh 5 buah transistor sehingga bunyi yang dihasilkan akan terdengar cukup keras. Bunyi sirene yang dihasilkan dapat diatur atau diubah dengan memutar trimpot VR serta menggeser sakelar SW. Lampu LED D3 akan berkedip-kedip berirama seiring suara sirene. Untuk catu daya, cukup berikan tegangan 6-9 volt DC.

D313
Pinout Transistor Final D313

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.