Skema Radio AM 3 Volt dengan 7 Transistor, Peka dan Keras

Masih suka dengerin radio AM? Kenapa sobat tidak coba merakitnya sendiri? Nih saya punya skema radio AM yang cukup peka dengan kualitas audio yang cukup bagus dan juga keras. Radio ini hanya membutuhkan tegangan sebesar 3 volt saja (2 buah baterai 1.5 volt), jadi cocok digunakan sebagai radio saku yang bisa dibawa kemana-mana.

Kelebihan dari radio AM adalah rangkaiannya yang cukup menggunakan transistor saja, tidak seperti radio FM yang biasanya memakai IC tipe tertentu supaya bisa menangkap sinyal dengan baik. Transistornya pun biasanya murah dan mudah didapat. Di samping itu, radio AM tidak memerlukan antena yang tinggi seperti halnya radio FM. Cukup dengan antena teleskopik biasa, maka sinyal dari stasiun radio sudah bisa diterima dengan baik.

Skema Radio AM 3 Volt dengan 7 Transistor, Peka dan Keras
Skema Radio AM 3 Volt dengan 7 Transistor

Untuk 2 buah dioda pada skema di atas, gunakanlah jenis dioda germanium misalnya 1N4148 atau OA79. Dan untuk rangkaian amplifier bagian bawah, jika susah menemukan trafo jenis IT191 dan OT240, maka sobat bisa menggantinya dengan amplifier jenis lain misalnya amplifier mini dengan IC LM386 atau TDA2003.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *