Skema Pre-Amp Mic Dynamic (Mic Spul) 1 Transistor

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan sebuah skema rangkaian penguat mic dynamic atau mic spul dengan hanya menggunakan 1 buah transistor.

Mikropon dynamic atau mic spul terbuat dari kawat atau spul koil yang dililitkan pada sebuah magnet. Fungsi dari mic ini adalah mengubah getaran suara menjadi sinyal atau gelombang audio. Sinyal audio dari mic ini masih sangat lemah, sehingga harus dikuatkan terlebih dahulu sebelum diteruskan ke bagian berikutnya, misalnya tone control atau langsung ke bagian amplifier.

Berikut adalah skema pre-amp mic dynamic 1 transistor selengkapnya:

Pre-Amp Mic Dynamic (Mic Spul) 1 Transistor
Pre-Amp Mic Dynamic (Mic Spul) 1 Transistor

Walaupun hanya menggunakan 1 buah transistor saja, penguat mic ini bisa menghasilkan suara yang cukup keras dan rendah noise. Sebetulnya bagus tidaknya suara dari mic itu tergantung dari kualitas mic itu sendiri. Semakin bagus kualitasnya, maka suara yang dihasilkan akan semakin jernih.

Beli kit pre-amp mic secara online, cek di Shopee: https://shope.ee/1AjqoSQtSj, atau https://shope.ee/9UOyk0PC1Q

2SC945
Pinout Transistor C945

Transistor yang digunakan pada rangkaian ini adalah transistor jenis NPN yang sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah. Kita juga bisa menggantinya dengan transistor jenis lain dengan daya output maksimal 1 watt.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.