Skema Intercom Satu Kabel by Ronica

Intercom adalah alat komunikasi elektronik yang terhubung dengan menggunakan satu buah kabel. Sebetulnya outputnya tetap ada 2 kabel, tetapi kabel yang satunya lagi ditanam atau dikubur ke dalam tanah. Pada masa sebelum ada HP dulu, intercom ini sangat populer digunakan orang untuk berkomunikasi dengan tetangga, orang sekampung, sedesa, bahkan sampai ke luar desa.

Karena alat ini hanya bisa terhubung menggunakan jalur (kabel), maka mau tidak mau orang yang ingin pasang intercom mesti ngemodal beli kabel untuk dihubungkan ke jalur utama. Tapi pada masa itu, penggunaan intercom ini sangat seru dan populer, dimana tidak perlu beli pulsa maupun kuota internet, kita sudah bisa bercakap-cakap satu sama lain.

Seiring perkembangannya, semakin kesini pesawat amplifier untuk intercom ini dibuat semakin besar, bahkan ada yang pasang amplifier hingga 1000 watt. Namun yang paling umum digunakan adalah 150-300 watt OCL amplifier dengan transistor jengkol. Keuntungan dengan power daya besar, yaitu suara yang keluar tetap keras walaupun dengan jarak yang jauh.

Nah pada postingan ini, saya akan memberikan contoh skema intercom satu kabel buatan Ronica dengan watt kecil (sekitar 6 watt). Intercom ini cocok dipakai untuk jarak dekat saja, misalnya untuk komunikasi dengan tetangga satu RT atau di dalam kampung saja.

Skema Intercom 1 Kabel by Ronica
Skema Intercom 1 Kabel by Ronica
Pinout IC UPC1181H
Pinout IC UPC1181H

Intercom satu kabel by Ronica ini hanya ditenagai oleh satu buah transistor tipe C828 sebagai pre-amp mic condenser, serta IC UPC1181H sebagai power amplifiernya. Dengan daya output sekitar 6 watt, intercom ini cukup irit listrik, tetapi suaranya akan kecil untuk jarak jauh. Untuk itu, perlu diakali dengan menambahkan power amplifier berdaya besar.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.