Skema LED VU Display Sederhana 3 Transistor

Pernahkah kita melihat lampu LED warna-warni yang berjalan berurutan seiring musik atau suara pada sebuah tape atau amplifier? Nah itulah yang dinamakan LED VU Display. Dengan pemasangan rangkaian LED VU Display ini, selain untuk hiasan pada perangkat audio, modul ini juga berfungsi sebagai pengukur atau indikator kuat lemahnya sinyal audio yang diinputkan ke amplifier.

Untuk membuat LED VU Display biasanya diperlukan beberapa komponen aktif seperti IC, transistor, dioda dan lampu LED. Lampu LED yang dipakai biasanya terdiri dari 3 warna, yaitu hijau, kuning dan merah.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan sebuah skema rangkaian LED VU Display sederhana10 lampu LED yang hanya menggunakan 3 buah transistor saja. Kita tidak memerlukan komponen IC yang pemasangannya cukup rumit. Dengan hanya 3 buah transistor, rangkaian ini bisa kita pasang tanpa PCB sekalipun.

Berikut adalah skema rangkaian LED VU Display sederhana dengan 3 buah transistor:

LED VU Display 3 Transistor
LED VU Display Sederhana 3 Transistor

Dapat kita lihat pada rangkaian di atas, bahwa kita hanya memasang 2 buah transistor S9014 sebagai driver dan S9013 sebagai finalnya. Kedua jenis transistor tersebut sangat murah dan mudah didapat. Dengan hanya 3 buah transistor saja, rangkaian ini bisa menyalakan 10 buah lampu LED sekaligus.

Untuk mengatur kuat lemahnya input dan nyala lampu pada rangkaian ini, putarlah trimpot VR1 pada posisi yang tepat sehingga diperoleh nyala lampu sesuai keinginan. Untuk warna 10 buah lampu LED-nya bisa dicoba dengan memasang 4 buah LED HIJAU (D11 – D14), 3 buah LED KUNING (D15 – D17), dan 3 buah LED MERAH (D18 – D20), ataupun sesuai selera.

Untuk pemasangan bagian input rangkaian LED VU Display ini, biasanya disatukan dengan bagian input dari amplifier.

C9014
Pinout Transistor C9014
C9013
Pinout Transistor C9013

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *