Skema FM Receiving Booster, Penguat Sinyal Radio Fm by Ronica SC-198

Apakah radio Fm kamu sulit untuk menangkap sinyal alias “budeg”? Apakah kamu berada di daerah yang sulit mendapatkan sinyal radio sehingga hanya sedikit saja stasiun radio yang dapat ditangkap oleh radio kamu? Atau apakah kamu ingin mendengarkan siaran radio dari luar kota lebih bersih dan jelas?

Pertanyaan di atas akan saya jawab dengan menyuguhkan sebuah skema rangkaian penguat sinyal radio Fm yang sudah melegenda dan cukup berkualitas, yaitu buatan dari produsen PCB terkenal di Indonesia. Inilah skema Fm Receiving Booster by Ronica SC-198.

Skema ini sebetulnya sudah jadul, namun masih layak digunakan dengan kualitas yang baik jika dirangkai dengan baik juga.

Karena di daerah saya hanya sedikit stasiun radio Fm yang biasanya mengudara, maka di waktu-waktu tertentu saya sering sekali mendial radio saya untuk mendengarkan siaran dari luar kota, misalnya siaran radio Bandung, Garut, dan bahkan Jawa Tengah. Saya pasang saja antena outdoor yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5 meteran. Namun tetap saja siaran radio dari luar kabupaten tadi tidak dapat diterima dengan baik atau jernih di radio saya. Oleh sebab itu, saya lalu mencari-cari skema elektronik untuk menguatkan sinyal radio Fm. Akhirnya saya menemukannya tergeletak di gudang bersama tumpukan buku usang milik saya. Langsung saja saya ambil, saya foto dan saya upload di sini.

Oke, langsung saja kita lihat skema Fm Receiving Booster produksi Ronica ini:

Skema FM Receiving Booster by Ronica SC-198
Skema FM Receiving Booster by Ronica SC-198

Dapat dilihat pada skema di atas, rangkaian booster radio Fm ini hanya memerlukan 2 buah komponen aktif, yaitu transistor jenis NPN C717 / C1906 dan C1856. Kedua buah transistor tersebut mudah kita temukan di pasaran dengan harga yang murah lho. Banyak juga persamaan untuk kedua tipe transistor tadi, yaitu jenis transistor penguat HF (frekuensi tinggi).

2SC1906
Pinout transistor C1906
2SC1856
Pinout transistor C1856

Kita juga tidak memerlukan sebuah potensiometer untuk mengatur kekuatan sinyal radio pada rangkaian ini, tapi cukup dengan mengatur kerenggangan 2 buah lilitan kawat email, yaitu L1 dan L2 sampai stasiun pemancar radio Fm stereo diterima paling baik, atau stasiun radio yang jauh diterima lebih bersih. Setelah diatur seperti itu, kita tinggal pasang saja dalam box terpisah atau disatukan dengan box Fm tuner kesayangan kita tanpa diubah-ubah lagi.

Selamat merangkai, semoga bermanfaat. Salam solder panas!

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *