Skema Charger HP 5V, Switching Power Supply 550mA 1 Transistor

Siapa yang tidak punya charger HP atau batok charger pada masa sekarang ini? Rasanya setiap orang yang menggunakan smartphone memilikinya. Alat yang satu ini merupakan sebuah komponen vital pada jaman sekarang. Charger USB bukan hanya berfungsi untuk mengisi baterai HP saja, melainkan penggunaannya sangatlah luas karena kebanyakan peralatan elektronik portable saat ini menggunakan baterai, yang tentu saja membutuhkan sumber daya listrik untuk mengisi ulang baterainya itu. Peralatan elektronik tersebut misalnya smartphone, powerbank, radio tape, kipas angin mini, senter, speaker bluetooth, dsb.

Charger HP atau batok kepala charger berfungsi untuk menurunkan listrik tegangan tinggi dari jala PLN, yaitu dari 220 volt ke 5 volt, sehingga bisa aman digunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik atau mengisi ulang baterai. Untuk mengisi ulang baterai HP 3.7 volt, diperlukan tegangan listrik minimal sebesar 4.2 volt, supaya baterianya bisa mengisi sampai penuh. Arus outputnya pun bervariasi, umumnya dari mulai 500mA hingga 4 Ampere.

Jika kita mencoba membongkar batok kepala charger, di sana kita akan menemukan beberapa komponen elektronika yang dirangkai sedemikian rupa. Misalnya saja berupa dioda, IC, transistor, trafo switching, induktor, elco, kapasitor dan resistor. Biasanya, semakin kompleks rangkaian elektronik pada sebuah charger, akan membuat harga charger tersebut semakin mahal.

Nah, pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah rangkaian charger HP sederhana yang hanya menggunakan sebuah transistor saja. Charger ini akan menghasilkan tegangan output yang stabil 5 volt dengan arus maksimum 550mA. Charger ini bisa kita gunakan untuk mengganti batok charger HP kita yang rusak, mengecas powerbank, atau untuk menghidupkan peralatan elektronika lainnya yang membutuhkan tegangan operasi sebesar 5 volt.

Berikut adalah Skema Charger HP 5V, Switching Power Supply 550mA 1 Transistor selengkapnya:

Skema Charger HP 5V, 550mA 1 Transistor Made in China
Skema Charger HP 5V Sederhana , 550mA 1 Transistor

Pada skema di atas dapat dilihat bahwa komponen aktifnya hanya menggunakan 1 buah transistor tegangan tinggi, yaitu dengan seri 13001 atau MJE13001. Transistor tersebut sangat populer digunakan untuk rangkaian switching power supply karena bisa beroperasi pada tegangan DC hingga 600 volt. Skema charger di atas sering ditemukan pada perangkat charger buatan Cina yang banyak dijual di pasaran. Untuk trafo switchingnya, kita juga bisa menggunakan trafo bekas dari charger yang sudah rusak atau tidak terpakai.

13001, MJE13001
Pinout Transistor 13001

Jika sobat ingin mencoba merangkai skema charger di atas, maka harus berhati-hati dalam membuatnya karena kita berhubungan langsung dengan listrik tegangan tinggi yang sangat berbahaya.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *