Skema Charger Accu 12 Volt AutoCut by Siemcor Kit SC-261

Akumulator, aki, atau accu adalah komponen baterai dengan arus besar yang dapat diisi ulang. Penggunaan accu kerap dijumpai pada peralatan elektronika portable terutama pada sistem kelistrikan sepeda motor dan mobil. Terdapat 2 jenis accu, yakni accu basah dan accu kering dengan voltase yang beragam dari mulai 9 volt, 12 volt, 24 volt dll. Namun yang paling sering ditemukan adalah accu dengan tegangan 12 volt.

Kita ambil contoh sebuah accu 12 volt. Accu yang masih bagus, jika dicharge maka akan diperoleh tegangan sebesar 12 – 12.4 volt. Jika pada saat accu sudah terisi penuh namun tegangannya kurang dari 12 volt maka accu tersebut dapat dikatakan kinerjanya sudah menurun atau soak. Accu akan rusak seiring usia pemakaian, suhu tinggi dan jika tidak dicharge dalam waktu lama.

Jika kita memiliki sebuah accu, maka wajib dicas minimal seminggu sekali jika tidak digunakan untuk mencegah kerusakan pada komponen accu. Karena jika accu sudah rusak atau soak, terutama pada jenis accu kering maka akan sulit diperbaiki. Accu 12 volt umumnya bisa dicharge dengan tegangan antara 13.8 volt – 16 volt. Nah pada postingan ini saya akan membagikan sebuah skema charger accu otomatis untuk accu 12 volt buatan produsen PCB elektronik Siemcor Kit yang cukup populer.

Charger accu 12 volt ini memiliki kelebihan yaitu bisa mati sendiri alias auto cut-off, yang otomatis mati atau menghentikan aliran listrik saat accu sudah terisi penuh. Dengan fitur ini maka akan memperpanjang umur accu serta kita tidak perlu repot-repot mengecek saat proses charging.

Berikut skema charger accu 12 volt by Siemcor Kit selengkapnya:

Skema Charger Accu AutoCut by Siemcor Kit SC-261
Skema Charger Accu AutoCut by Siemcor Kit SC-261

Pada skema di atas dapat dilihat bahwa rangkaian charger accu 12 volt tersebut menggunakan komponen aktif berupa beberapa buah dioda, dioda zener, LED dan 4 buah SCR. SCR inilah yang berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus listrik saat proses charging (auto cut-off). Tipe SCR yang digunakan adalah EC 103D. Jika sulit menemukan SCR tipe tersebut, maka kita bisa menggantinya dengan tipe lain yang sejenis atau mirip-mirip, misalnya SCR 2P4M.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *