Skema Equalizer Sederhana 3 Band (Bass, Midle, Treble) 1 Transistor

Apakah kamu bosan dengan hasil suara dari tone control-mu yang hanya bisa mengatur bass dan treble saja? Apakah kamu males merakit equalizer yang membutuhkan banyak potensiometer geser dan beberapa komponennya kadang sulit ditemukan serta memerlukan bok khusus untuk penempatannya? Apakah kamu tidak memiliki cukup uang untuk membeli rangkaian equalizer jadi buatan toko atau beli dari orang lain?

Bila kamu menemukan postingan ini kamu sangat beruntung! Karena dengan skema equalizer yang akan saya perlihatkan di sini, maka kamu bisa membuat sebuah pengatur nada bass, midle dan treble (3 band) sekaligus yang berkualitas dengan hanya menggunakan satu buah komponen aktif yakni 1 transistor. Saya sampai sekarang masih menggunakan rangkaian ini untuk radio Fm tuner saya dan suaranya menurut saya tidak mengecewakan.

Menurut pengalaman saya saat oprek-oprek audio untuk keperluan sehari-hari, kita cukup memiliki sistem audio yang bisa mengatur nada rendah (bass) dan nada tinggi (treble). Itu pun sudah cukup memuaskan di pendengaran kita. Namun kadangkala hal tersebut tidaklah cukup karena suara bass atau treble kadang tertutup atau kalah dengan suara midle, sehingga kurang enak didengar jika tone mid-range ini terlalu dominan. Nah selain murah meriah, rangkaian equalizer 3 band sederhana ini bisa kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Coba perhatikan skema 3 band equalizer sederhana di bawah ini:

Skema 3 Band Equalizer (Bass, Midle, Treble) dengan 1 Transistor
Skema 3 Band Equalizer dengan 1 Transistor

Pada skema di atas, dapat kita lihat rangkaian 3 band equalizer tersebut mirip-mirip rangkaian tone control dengan transistor yang sering kita temukan. Namun perbedaannya, pada rangkaian di atas selain pengaturan bass dan treble, juga terdapat potensio VR2 untuk mengatur nada midle.

Untuk membuat rangkaian 3 band equalizer ini kita cukup menyiapkan 4 buah potensiometer sebagai kontrol nada dan volume. Perlu diingat, ini adalah skema untuk audio sistem mono. Jika kamu ingin memiliki equalizer yang stereo, maka perlu membuat 2 buah rangkaian yang serupa.

Penempatan rangkaian equalizer ini dapat menggantikan tone control yang biasa kita pasang sebelum penguat akhir pada amplifier. Jadi equalizer ini kita tempatkan pada input amplifier atau setelah pemasangan galaxy, gigabass dsb, lalu output dari equalizer ini langsung kita hubungkan ke bagian input amplifier / penguat akhir.

FCS9014
Pinout Transistor FCS9014

Untuk hasil maksimal, gunakanlah transistor FCS9014 atau C9014. Namun jika tidak ada, maka kita menggunakan transistor universal jenis lain, misalnya C828, C945, D400 dll. Perbedaan tipe transistor yang dipakai hanya akan mempengaruhi kuat lemahnya output saja.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *