Skema Amplifier 20 Watt Stereo dengan IC BA5406

Jika kita ingin merangkai penguat audio atau power amplifier yang hanya memerlukan sedikit komponen, transistor dll, skema ini salah satu solusinya. Amplifier dengan IC BA5406 ini akan menghasilkan daya output sekitar 20 watt. Dan dengan hanya menggunakan 1 buah IC juga kita bisa mendapatkan penguat audio 2 kanal alias stereo.

Amplifier stereo dengan IC BA5406 ini biasa dipakai untuk penguat audio / musik dari HP, tape recorder, radio FM tuner, dll dengan suara yang cukup keras, halus dan rendah noise. Untuk bagian inputnya, bisa kita sambungkan pada bagian output dari tone control, equalizer, maupun secara langsung pada sumber audio.

Skema Amplifier 20 Watt Stereo dengan IC BA5406
Skema Amplifier 20 Watt Stereo dengan IC BA5406

IC BA5406 adalah salah satu IC yang cukup populer untuk final amplifier selain IC LA4440. IC ini cukup mudah didapatkan serta banyak dijual di toko-toko elektronik maupun toko online. PCB nya pun saya lihat masih ada yang jual.

Untuk menghasilkan output dan suara yang bersih dan optimal, gunakanlah power supply 12 volt teregulasi dengan trafo minimal 2 ampere. Jangan lupa untuk memasang pendingin / heatsink yang memadai pada bagian belakang IC, gunakanlah thermal paste agar proses penyerapan panas lebih baik dan merata.

Pinout IC BA5406
Pinout IC BA5406

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *