Cara Menambah & Verifikasi Blog atau Situs di Google AdSense untuk Monetisasi (2020)

Oke sobat pembaca, sekarang saya akan berbagi bagaimana Cara Terbaru untuk Menambah dan Verifikasi Blog atau Website Kita ke Google AdSense Langsung Melalui Akun AdSense. Jadi pastikan sobat sudah memiliki blog atau situs yang aktif dan sudah memiliki akun AdSense. Saya membuat posting seperti ini karena melihat ada perbedaan dari yang dulu pernah saya alami di tahun sebelumnya. Dulu saya pernah mendaftarkan blog saya ke AdSense dan sudah pernah ditolak hingga 3 kali. Alasannya karena copy paste, terus juga karena masalah konten yang kurang dan masalah navigasi blog.

Baca juga: Pendaftaran Situs ke Google AdSense Ditolak Karena ‘Low Value Content’, Ini Dia Penyebabnya

Nah di bulan Nopember 2020 ini saya iseng-iseng benahi blog saya tadi. Saya hapus semua postingan copas, saya ubah template blog dan saya juga benahi navigasinya. Saya ingin coba iseng-iseng mendaftar lagi ke AdSense walaupun dengan beberapa artikel yang ada di blog ini. Namun pas saya buka di Dashboard Blogger, pada menu Penghasilan ternyata ada yang berubah dan saya sempat bingung. Nah, tampilannya malah seperti ini:

Tampilan menu penghasilan di dashboard Blogger

Oke, kemudian saya buka akun AdSense saya dan ketemu di sana. Di akun AdSense kan ada menu Situs tuh, jadi kita masuk aja ke sana.

Menambahkan situs di AdSense

Kemudian sebelah kanan ada tombol Tambahkan situs. Klik saja tombol itu.

Menambahkan situs di AdSense

Lalu isikan saja alamat URL blog atau website kita tanpa http / https. Misalnya: contoh.com atau contoh.blogspot.com. Setelah itu klik tombol Berikutnya.

Menambahkan situs di AdSense

Lalu sobat akan disuruh untuk copy scriptnya yang harus ditempelkan di antar tag <head> … </head> pada halaman muka blog / situs sobat. Untuk website yang dihosting, silahkan edit file index sendiri di cPanel masing-masing. Pastikan script di tempatkan di halaman utama (biasanya index.html, index.php, default.aspx, dll). Sementara untuk di BlogSpot, caranya sobat masuk ke Dashboard Blogger, kemudian pilih menu Tema di sebelah kiri, lalu klik tombol segitiga di sebelah kanan tulisan SESUAIKAN.

Insert script AdSense di blog

Setelah itu klik Edit HTML. Maka akan tampil kode HTML untuk halaman blog kita.

Insert script AdSense di blog

Setelah itu carilah tag <head>, lalu paste code tadi tepat di bawahnya (biasanya tag <head> ada di bagian atas halaman). Hati-hati saat paste script, jangan sampai menindih script yang lain. Setelah itu jangan lupa disave.

Insert script AdSense di blog

Kemudian kita balik lagi ke akun AdSense dan klik tombol Kirim di bagian bawah.

Menambahkan situs di AdSense

Nah, setelah itu kita akan melihat blog atau situs kita sudah ada di list situs AdSense dengan keterangan Sedang disiapkan. Artinya blog atau website kita sekarang sedang atau akan mulai ditinjau oleg Google dan biasanya memakan waktu hingga beberapa hari atau bahkan sampai 2 mingguan.

Menambahkan situs di AdSense

Menyiapkan situs Anda untuk menampilkan iklan

Harap bersabar. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Kami akan memberi tahu Anda setelah kami menjalankan beberapa pemeriksaan di situs.

Pastikan Anda tidak menghapus dan mengirimkan ulang situs yang sedang ditinjau karena hal ini dapat menunda prosesnya.

Sementara itu, Anda bisa menempatkan kode pada setiap halaman yang diinginkan untuk menampilkan iklan. Setelah pemeriksaan kami selesai, situs Anda akan siap untuk menampilkan iklan.

Jangan lupa, buka Iklan lalu pilih format iklan yang ingin ditampilkan.

Sembari menunggu situs kita ditinjau oleh Google AdSense, kita juga bisa menyiapkan penerapan iklan kok di blog kita. Untuk yang paling mudah saya sarankan pakailah dulu fitur Iklan Otomatis oleh Google. Karena lebih simple, biarlah Google sendiri nanti yang menempatkan kode iklannya di tempat terbaik di situs kita. Adapun jika kita ingin iklan ditaruh di tempat custom, kita bisa menyesuaikannya nanti setelah blog atau situs kita sepenuhnya diterima oleh Google AdSense. Untuk memasang iklan otomatis caranya seperti ini:

Menambahkan kode iklan situs di AdSense

Pilih Tampilkan detail di bagian kanan-bawah.

Menambahkan kode iklan situs di AdSense

Kemudian pilih Sisipkan iklan.

Menambahkan kode iklan otomatis di AdSense

Lalu aktifkan Iklan Otomatis dan juga aktifkan Optimalkan unit iklan yang ada. Kita akan melihat preview iklannya di situs kita pada kolom sebelah kiri. Kemudian klik tombol Terapkan ke situs pada bagian bawah. Maka kita akan diarahkan ke halaman Ringkasan dan bisa melihat bahwa status iklan otomatisnya kini sudah Aktif.

Menambahkan kode iklan otomatis di AdSense

Setelah itu, yang harus kita lakukan adalah menunggu dan bersabar, serta tetap fokus untuk posting artikel yang original untuk blog atau situs kita. Dan berdoalah semoga cepat diterima. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi sobat yang sekarang baru pertama kali mengenal blogging dan bermaksud ingin mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *