Skema Sirene dan Bel dalam Satu Rangkaian dengan 2 Transistor

Rangkaian sederhana dengan komponen aktif 2 buah transistor ini akan menghasilkan 2 jenis suara yang berbeda, yaitu suara sirene yang berbunyi naik turun secara terus-menerus, serta suara bel pintu yang berbunyi saat tegangan listrik masuk ke rangkaian ini dari sebuah sakelar.

Rangkaian ini beroperasi dengan tegangan listrik 6 volt yang sangat irit. Kita bisa menggunakan catu daya dari baterai yang disusun secara seri ataupun membuat rangkaian catu daya dengan menggunakan transformator / trafo.

Berikut adalah skema rangkaian lengkap sirene plus bel sederhana dengan 2 buah transistor:

Sirene dan Bel dalam Satu Rangkaian dengan 2 Transistor
Sirene dan Bel dalam Satu Rangkaian dengan 2 Transistor

Untuk membuat rangkaian ini menghasilkan suara sirene elektronik, maka kita cukup menekan sakelar S1 ke posisi On atau terhubung. Suara sirene akan mulai terdengar naik turun bersamaan dengan arus listrik yang mengisi muatan kapasitor elco 100uF. Untuk mengubah nada sirene, kita bisa bereksperimen dengan mengganti nilai dari elco 100uF ke nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah sesuai selera. Jika sakelar S1 pada posisi Off, maka rangkaian ini akan menghasilkan suara bel listrik yang bisa kita pasang di pintu rumah.

C945
Pinout Transistor 2SC945
A564
Pinout Transistor 2SA564

Dua buah transistor yang digunakan dalam rangkaian sirene dan bel ini terdiri dari sebuah transistor jenis NPN yaitu C945 dan satu lagi dari jenis PNP yaitu A564. Kedua buah transistor ini sangat umum dan mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah. Kita juga bisa menggantinya dengan transistor jenis lain yang serupa. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *