Skema Pemancar FM 5-10 Watt Final C710

Jika sobat ingin merakit sebuah pemancar radio FM yang murah dengan daya yang cukup besar dan komponen yang mudah didapat, inilah solusinya. Pemancar FM pada rangkaian ini hanya menggunakan 1 jenis transistor saja, yakni transistor penguat RF 2SC710. Jika dihitung, output dari rangkaian pemancar FM ini akan menghasilkan daya hampir 5-10 watt, dan melebihi output keluaran daya dari transistor RF legendaris yakni C1970 dengan daya 5 watt.

Rangkaian pemancar FM ini bekerja pada frekuensi radio FM, yakni 88-108 MHz. Silahkan perhatikan skema pemancar FM 5-10 watt C710 di bawah ini:

Skema Pemancar FM 5-10 Watt C710
Skema Pemancar FM 5 -10 Watt C710

Berdasarkan skema di atas, dapat dilihat bahwa rangkaian pemancar FM ini hanya menggunakan 1 nomor seri transistor dari mulai osilator, buffer, driver dan finalnya, yakni transistor NPN 2SC710. Transistor ini pun masih bisa diganti dengan varian lain yang sejenis, misalnya 2SC930.

Rangkaian pemancar FM ini juga tidak menggunakan kapasitor trimmer yang kadang sulit didapat dan mahal, melainkan hanya menggunakan kopel kapasitor keramik biasa, sehingga tidak membutuhkan biaya berlebih.

Pinout Transistor C710
Pinout Transistor Final C710

Peralatan lain yang dibutuhkan untuk membangun pemancar FM ini antara lain:

  1. Antena, bisa menggunakan antena jenis open dipole, yagi atau ground plane
  2. Kabel antena standar, direkomendasikan kabel yang berkualitas, misalnya jenis RG8
  3. Sumber daya DC 12 volt / power supply minimal 3 Ampere

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *