Skema Rangkaian Suara Sirene Polisi Inggris

Pernahkah kamu mendengar suara lengkingan sirene motor ataupun mobil polisi di jalanan atau di film-film? Nah, sebetulnya suara sirene tersebut dihasilkan dari sebuah rangkaian elektronik yang diperkuat lagi sehingga bisa nyaring terdengar melalui loudspeaker.

Banyak jenis suara sirene polisi yang bisa dibuat dengan rangkaian elektronik. Pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah skema rangkaian elektronika yang menghasilkan suara seperti sirene polisi Inggris. Rangkaiannya cukup sederhana, kita hanya memerlukan 2 buah IC timer yang sangat populer, yaitu IC 555, atau NE555.

IC 555 ini sangat populer di dunia elektronika, dan banyak digunakan sebagai IC pengatur waktu, pembangkit gelombang dan juga suara. Kita bisa dengan mudah mendapatkan IC 555 ini dengan harga yang sangat murah.

Berikut adalah skema rangkaian tiruan suara sirene polisi Inggris selengkapnya:

Skema Suara Sirene Polisi Inggris
Skema Suara Sirene Polisi Inggris

Rangkaian di atas akan menghasilkan bunyi tiruan suara sirene polisi Inggris yang cukup keras didengar dengan hanya menggunakan speaker berdaya 1 watt impedansi 8 ohm. Namun, jika kita ingin mendapatkan suara yang lebih nyaring lagi sehingga bisa didengar dari jauh, maka kita harus memperkuatnya lagi dengan sebuah rangkaian amplifier dan mengganti speakernya dengan daya yang lebih besar.

NE555
Pinout IC NE555

Dengan catu daya baterai 9 volt, rangkaian ini akan bekerja dalam waktu yang cukup lama (irit baterai).

Lihat Skema Elektronika Lainnya Disini: https://asevha.com/category/elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *